28.3 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Musim Hujan, Bibit Pohon dan Buah Diburu Pembeli

JURNAL INSPIRASI – Penjual bibit pohon dan buah-buahan yang berlokasi di jalan Raya Ace Tabrani, tepatnya di Kampung Panyaungan, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor rupanya membawa berkah lantaran setiap harinya didatangi pembeli.

UD. Warung Tanaman Jaya milik Jenal Arifin sudah 7 tahun sebagai penjual bermacam bibit pohon, baik pohon produktif maupun non produktif mengaku sedang banyak pembeli.

“Alhamdulilah minat mayarakat  yang datang untuk membeli bibit pohon setiap harinya terus berdatangan. Pembeli bibit mulai dari masyarakat biasa maupun berasal  pejabat negara,” ujar Zenal kepada Jurnal Bogor, Selasa (28/12).

Bahkan  temasuk warga dari perkotan sendiri datang ke pedesaan dengan berinvestasi  membeli lahan untuk dijadikan perkebunan.

“Pembeli bibit untuk dijadikan perkebunan mulai dari daerah Nanggung hingga Kecamatan Jasinga,” imbuhnya.

Diatas lahan sekitar 5 ribu meter lebih, tersebar  bermacam jenis pohon yang dijajakan diantaranya bibit pohon produktif maupun non produktif.

Zenal menyebutkan , untuk harga bibit itu tergantung pada jenis buah-buahan dan ukuran tingginya.  Pastinya, harga bibit buah-buahan terjangkau. Dijelaskannya, untuk penjualan dalam sehari bisa laku puluhan jenis bibit bahkan ratusan  seperti pohon pete, durian, rambutan hingga jeruk.

Ia sendiri menyediakan jenis bibit bukan hanya buah-buahan, tapi menyediakan juga seperti bibit tanaman hias.

“Pemintaan akan bibit pohon juga tidak sedikit. Mengenai harga, bervariasi mulai dari ribuan hingga  puluhan ribu bahkan ada juga seharga ratusan ribu. Bibit pohon yang dijual, itupun tergantung usia dan ukurannya,” tandasnya.

Permintan bibit pohon dan buah-buahan selama ini  kata dia terus mengalami peningkatan terutama musim hujan.

Musababnya  kalau penanaman di musim hujan tidak terlepas karena suburnya kondisi tanah sehingga tanaman akan cepat tumbuh.

Salah satu pembeli, yang merupakan Kepala Seksi (Kasie) Pendidikan dan Kesehatan dari Kecamatan Leuwisadeng, Engkos Kosasih mengaku sudah sekian kalinya ia membeli bibit pohon di UD. Warung Tanaman Jaya. Kali ini bibit yang dibeli puluhan pohon pete dan durian.

“Kami investasi dengan cara berkebun,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles