Gelar Reses Masa Sidang I, Anggota DPRD Dapil II Jaring Aspirasi Masyarakat

0
DPRD Kabupaten Bogor dari dapil II mengelar reses.

JURNAL INSPIRASI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor dari dapil II mengelar reses masa sidang I tahun sidang 2021/2022 untuk menjaring aspirasi masyarakat, Selasa ( 16/11).

Mochamad Hanafi dari Fraksi Demokrat selaku ketua tim rombongan dalam sambutannya mengatakan, reses ini juga selain menyerap aspirasi masyarakat juga sebagai ajang silaturahmi.

“Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat kepada anggota dewan biasanya adalah terkait usulan pembangunan di wilayah dapil II. Setelah disampaikan aspirasi tersebut akan dibawa ke Musrenbang tingkat kabupaten nantinya,” kata Hanafi.

BACA JUGA: Baru Tersentuh Pembangunan, Cigudeg Gunakan Samisade Bangun Jalan di Pelosok Kampung

Disebutkannya, dalam setahun anggota dewan melaksanakan reses tergantung masa sidang, namun biasanya dalam setahun tiga kali dilaksanakan. Menurutnya masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap tiga bulan, anggota dewan turun ke masyarakat untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” jelasnya.

Ia menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut akan direkap dan dibuat laporan kemudian diteruskan kepada pimpinan di dewan. “Selanjutnya kita akan teruskan ke Bupati Bogor,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemerintah Desa Sukamanah Kembali Gelar Vaksinasi Covid -19

Hanafi berharap apa yang menjadi usulan masing-masing desa dapat disampaikan kembali kepada masing masing kepala desa, kemudian dibahas pada musrenbang tingkat desa hingga kecamatan dan  tingkat kabupaten.

“Insya Allah, semua usulan ini akan kami kawal dan mudah mudahan bisa terakomodir semuanya,” tutupnya.

Reses  di Kecamatan Cariu dihadiri seluruh anggota DPRD Kabupaten Bogor dari dapil II yaitu Mochamad Hanafi dari Fraksi Demokrat, Muad Khalim (Fraksi PDI Perjuangan); Beben Suhendar, Ansori, Suwardi (Fraksi Gerindra); Selamat, Achmad Fathoni (Fraksi PKS); Juanta Fraksi PPP dan Amin  Sugandi dari Fraksi Golkar.

**nay/ramses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here