Pemuda Panca Marga Kabupaten Bogor Napak Tilas Pejuang 45

0
Peserta Napak Tilas Pejuang 45 dilepas Asisten Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor mewakili Bupati Ade Yasin di depan gedung Tegar Beriman, Sabtu (13/11/2021).

JURNAL INSPIRASI – Pemuda Panca Marga (PPM)-Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Bogor melakukan Napak Tilas Pejuang 45 ke Bojongkokosan, Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Sekitar 200 peserta, berikut tim akomodasi dan kesehatan, dilepas Asisten Pemerintahan Kesra Pemkab Bogor Hadijana mewakili Bupati Ade Yasin di depan gedung Tegar Beriman, Sabtu (13/11/2021). Rombongan juga dilepas oleh Ketua LVRI Kabupaten Bogor Brigjen Purn.Bambang, Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah, dan Ketua Pepabri Kabupaten Bogor Letkol Purn.Suwandi.

BACA JUGA: Tirto Adhi, Jurnalis Kritis Pembela Rakyat

“Napak Tilas Pejuang 45 ini untuk memperingati Hari Pahlawan, 10 November,” ujar Ketua PC Pemuda Panca Marga Kabupaten Bogor Agus Jaya Gunara yang akrab dipanggil Jagur.

Rombongan Napak Tilas Pejuang 45 sebelum ke Bojongkokosan, dari Tegar Beriman berjalan kaki ke Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong di dekat Bakosurtanal-LIPI Cibinong. Monumen ini mengenang perjuangan pada 24 Desember 1945 melawan tentara sekutu dengan pasukan BKR dibawah pimpinan KH.Tb.Syamsuddin Noor (Komandan Batalyon), KH.Syamsuri (H.Syarun/Wakil Komandan Batalyon) dan Guru Nasiah, serta Hadi (Staf Batalyon).

BACA JUGA: Hari Pahlawan, Monumen TMP Dreded Diresmikan

Dari Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong, rombongan bertolak ke Bojongkokosan. “Kami gelar tawasulan untuk para pejuang yang gugur, kemudian melakukan perjalanan ke Maseng, juga ada makam pahlawan. Kami berdoa dan beristirahat, dilanjutkan perjalanan ke Cibinong lagi dan finish di Kodim 0621 Kabupaten Bogor,” jelas Jagur.

Jarak tempuh dari Bojongkokosan ke Cibinong sekitar 47,4 kilometer dan diperkirakan memakan waktu 10 jam perjalanan jalan kaki. “Napak Tilas Pejuang 45 ini untuk menumbuhkan rasa patriotism dan wawasan kebangsaan terutama kepada anggota PPM, khususnya dan umumnya masyarakat,” tandas Jagur.

**asepssayyev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here