PIK-R Ajak Generasi Muda Menjadi Lebih Berkarakter

0
PIK-R Harsa Kecamatan Gunung Putri mengajak generasi muda menjadi lebih baik dan berkarakter.

JURNAL INSPIRASI – Pusat Informasi Konseling dan Remaja (PIK-R) Harsa Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mengajak generasi muda menjadi lebih baik dan berkarakter. Hal itu disampaikan Rara Chalifah, Ketua PIK-R  Kecamatan Gunung Putri, Minggu (07/11/21).

Menurutnya, PIK-R adalah wadah kegiatan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR). “Menjadi  generasi yang lebih baik dan berkarakter diperlukan suatu gerakan revolusi mental melalui internalisasi nilai-nilai esensial yang dimulai dari individu, keluarga, masyarakat dan instiusional,” ucapnya kepada Jurnal Bogor.

Karena remaja, lanjut Rara, pasti mengalami perubahan dalam pertumbuhan seperti perubahan fisik, psikis dan sosial, dan juga pernah mengalami permasalahan terhadap diri sendiri maupun lingkungan sosial.

BACA JUGA: Beben Suhendar Usulkan Pemindahan Kantor Kecamatan Tanjungsari

“Seperti gangguan kesehatan reproduksi, perilaku seksual, tekanan sebaya atau lingkungan mulai dari Napza, tawuran atau hal negatif lainnya,” lanjut Rara yang juga Presiden Mahasiswa (Presma) BEM Dewantara.

Untuk itu, Rara berharap generasi remaja saat ini bisa berkualitas dalam bergaul ataupun memilih pergaulan. “Dengan menghindari dan mencegah persoalan remaja maupun permasalah dalam rumah tangga yang negatif,” singkatnya.

Di lokasi yang sama, Muhajir al-Maarief, Duta Generasi Remaja (Genre) terbaik ke-3 Kabupaten Bogor menjelaskan pentingnya remaja mengetahui permasalahan ini sehingga dapat meminimalisir resiko yang ada.

BACA JUGA: UPT Pengelolaan Sampah II Jonggol Gelar Patroli, 2 Terciduk Buang Sampah Sembarangan

“Dengan adanya PIK-R sebagai wadah pemberdayaan remaja yang hadir di lingkungan sekolah maupun masyarakat, untuk melayani dan memberikan pendidikan terkait kesehatan reproduksi, tumbuh kembang remaja, dan perencanaan  kehidupan melalui pendewasaan usia perkawinan,” ucap Duta Genre yang mewakili Kecamatan Gunung Putri ini.

**nay/tedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here