PSM Kabupaten Bogor Kembali Evakuasi Mulyani

0
PSM Kabupaten Bogor bersama Pendamping Disabilitas Mental Kabupaten Bogor mengevakuasi Mulyani.

Endang: Pemkab Bogor Harus Bangun Gedung Panti Rehabilitasi ODGJ

JURNAL INSPIRASI – Relawan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kabupaten Bogor bersama Pendamping Disabilitas Mental Kabupaten Bogor mengevakuasi Mulyani (40 tahun) warga Desa Kretek Kelurahan Padasuka Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor yang mengalami gangguan jiwa untuk mendapat perawatan di Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor, Senin (25/10/2021).

“Mulyani sebelumnya pada tahun 2017 sudah pernah mendapatkan penanganan oleh pihak PSM dan TKSK, namun karena kurangnya kepedulian dan perhatian keluarga pasien untuk mengedukasi akhirnya dikurung kembali didalam kamar oleh pihak keluarganya,” ucap Endang Ketua Pendamping Disabilitas Mental Kabupaten Bogor sekaligus Wakil Ketua 4 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kabupaten Bogor kepada Jurnal Bogor.

Dikatakan Endang, ini merupakan pekerjaan rumah yang sangat luar biasa untuk Pemkab Bogor, pasalnya banyak disabilitas mental yang berada di wilayah Pemkab Bogor kurang penanganan secara serius. Terbentur oleh biaya, hal ini menjadi faktor utama apabila ODGJ harus mendapat rehabilitasi, karena kebanyakan dari mereka ekonomi mereka sangat rendah.

BACA JUGA: Hotel Grand Savero Bogor Berikan Ilmu Kepada SMHI

“Ini merupakan PR Kabupaten Bogor yang sangat luar biasa dan bersama, banyak disabilitas mental yang perlu penanganan serius, nah di Kabupaten Bogor ini belum memiliki balai atau panti untuk rehabilitas ODGJ. Hal ini sangat penting karena teman pendamping dan PSM akan lebih dapat memotivasi dalam penanganan untuk kesembuhan para penyandang disabilitas mental,” ujarnya.

Ditambahkan Endang, pihaknya akan terus berupaya untuk mewujudkan keinginannya membangun panti rehabilitas khusus para penyandang disabilitas mental. Tentunya ini perlu dukungan penuh dari pihak Pemerintah Kabupaten Bogor melalui dinas terkait untuk merespon agar dapat terealisasi segera rencana pembangunannya.

BACA JUGA: Puncak HPS ke- 41 di Masa Pandemi, Momentum Kementan Buktikan Stok Produksi Pangan Aman

“Saya akan terus berjuang bersama teman-teman bagaimana impian dan harapan ini dapat terwujud, hal ini sangat mendesak dan penting. Hal lain yang perlu diketahui dari data yang kita dapat terkait keberadaan ODGJ khususnya di Kabupaten Bogor sangat beda jauh dengan data yang ada pada dinas terkait. Intinya sesegera mungkin kita akan lakukan audensi bersama Bupati Bogor dan dinas terkait,” tukasnya.

**handymehonk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here