29.9 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Dandim 0621/Kabupaten Bogor Bangun 33 Jembatan Rawayan di Titik 3 Kabupaten Bogor

Salah Satunya Dibangun Jembatan Terpanjang di Ciaruteun Ilir

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi

Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Syukur Hemanto berserta jajarannya didampingi Kepala Desa Ciaruteun Ilir meninjau lokasi pembangunan jembatan rawayan terpanjang yang menghubungkan dua desa yang berlokasi di Desa Ciaruteunilir, Kecamatan Cibungbulang, Senin (11/10/2021).

Dandim 0621 Letkol Inf Syukur Hermanto menyampaikan, bahwa pembangunan jembatan rawayan tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor yang sering kali terhambat.

“Salah satu contoh adalah aktivitas medis dan kesehatan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kampung Gunungmenir Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang. Dimana seorang Ibu muda terpaksa harus ditandu oleh sejumah orang saat akan melahirkan,” kata Letkol Inf  Syukur  Hermanto.

Sambungnya peristiwa seorang ibu yang melahirkan hingga harus ditandu dan viral tersebut membuat Komando Distrik Militer 0621 Kabupaten Bogor bersama Pemkab Bogor merespon peristiwa tersebut

“Dengan membangun  jalan dan puluhan jembatan penghubung untuk mempermudah akses aktivitas masyarakat di sejumlah lokasi di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, salah satu jembatan yang dibangun adalah jembatan rawayan yang berlokasi di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang dengan panjang bentangan 125 meter dan lebar 1,2 meter yang merupakan jembatan rawayan terpanjang dari 33 titik jembatan yang dibangun oleh Kodim 0621/ Kabupaten Bogor di tahun 2021 ini.

Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung Desa Rancabungur ke Desa Ciaruten Ilir. Jembatan tersebut dibangun Kodim 0621 yang dikoordinir oleh Korem 061 Surya Kancana Bogor dengan pertimbangan tingginya aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Selain itu dirinya menambahkan, adanya beberapa situs dan prasati peninggalan sejarah juga menjadi pertimbangan dibangunnya jembatan rawayan Ciaruten tersebut. “Pembangunnya jembatan di harapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarkat melalui sektor pariwisata,” katanya.

Hal itu disambut baik oleh warga sekitar, seperti diungkapkan Eva (35), salah satu warga Kampung Muarajaya, dirinya merasa senang dengan adanya rencana pembangunan jembatan tersebut. Pasalnya, dapat mempermudah akses bagi warga.

“Selama ini kan harus memutar melewati Pasar Ciampea, tentunya banyak memakan waktu dan biaya, dengan adanya pembangunan jembatan ini tentunya kita sangat senang,” pungkasnya. 

**cepikurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles