28.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Masuk Bogor Wajib Rapid Test Antigen

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota Bogor terus berupaya menekan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan membatasi mobilitas masyarakat, baik dari dalam maupun luar kota. Salah satunya dengan mewajibkan wisatawan yang akan memasuki wilayah Kota Bogor untuk menunjukan hasil rapid test antigen.

“Jadi bagi pengunjung yang akan melakukan wisata minimal dua hari sebelumnya sudah menunjukan hasil rapid tes anti gen di tempat wisata. Nanti akan ada petugas gabungan untuk memeriksa,” ucap Wali Kota Bima Arya kepada wartawan, Kamis (4/2).

Selain itu, kata Bima, pihaknya juga akan menggiatkan razia mengenai kapasitas angkutan umum, yang hanya boleh 50 persen. “Aturan itu berlaku sejak pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB. Begitu juga mengenai jam operasional kafe dan restoran dari pukul 08.00 sampai 20.00 WIB,” katanya.

Lebih lanjut, Bima  mengakui bahwa sistem untuk menekan angka Covid-19 lemah. Sistem tersebut berupa 3 T (tracing, testing dan treatment). Hal itu lantaran kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk mengimbangi lonjakan kasus.

Atas dasar itu, pihaknya akan memperbaiki sistem 3 T tersebut dengan merekrut surveilence yang akan ditugaskan di puskesmas. “Kita akan rekrut mungkin 300-400 untuk melakukan peningkatan kapasitas testing dan threatmen, serta menambah tempat isolasi. Untuk sekarang surveilence hanya 168 orang,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bima, pihaknya akan meningkatkan kemampuan untuk mengurangi mobilitas  warga. “Kita fokus PSBB skala mikro, ada 450 RW merah, kita akan fokus di RW ini. Untuk memastikan disini 3 T dilakukan scara maksimal. Di wilayah ini TNI Polri akan betul-betul fokus mengawasi prokes dan disini. Kita tidak memilih lockdown kota, kita gak bisa lockdown. Kita fokus melakukan peningkatan kapasitas di wilayah,” paparnya.

Kata dia, kasus Covid di Kota Bogor saat ini menunjukan bahwa pemerintah tidak bisa lagi melakukan langkah-langkah yang biasa. “Harus ada langkah-langkah yang lebih terukur, fokus, untuk menekan angka lonjakan Covid-19,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles