27.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Sudirman Ditutup Situasional

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Perhubungan mengubah kebijakan menutup total Jalan Jenderal Sudirman pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 11 hingga 25 Januari mendatang. Kepala Dishub, Eko Prabowo mengatakan bahwa kebijakan itu diberlakukan atas hasil evaluasi selama tujuh hari terakhir. “Dari hasil evaluasi, situasi sudah kondusif. Kerumunan tak ada,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/1).

Menurut dia, penerapan kebijakan itu sesuai arahan Wali Kota Bima Arya, Kapolresta dan Dandim, yang menilai bahwa diperlukan strategi yang inovatif dengan membentuk tim crowd free road, tim tertib kerumunan di jalan. “Makanya  kebijakan tersebut juga diberlakukan di ruas Jalan Sudirman,” katanya.

Eko menuturkan bahwa Jalan Sudirman akan dibuka tutup secara situasional. Apabila muncul kerumunan tim akan mobile dan turun untuk menutup ruas jalan yang menjadi kerumunan.

“Di dalamnya nanti tiim pemburu  pelanggar prokes akan dilakukan tindakan oleh tim, kalau situasi jalan sudah kondisif dan tak ada kerumunan, ruas jalan tersebut akan dibuka kembali,” jelasnya.

Kata Eko, kebijakan itu berlaku tak hanya di ruas Jalan Sudirman saja, melainkan ruas jalan lainnya jika memang menimbulkan kerumunan. “Tentunya sebelum melakukan tindakan dilakukan monev tentang jalan tersebut. Semuanya dibawah kendali Polresta Bogor Kota dalam. Dishub bagian tim crowd free road siap dukung dengan kekuatan personil dan sarana yang ada,” tuturnya.

Personel Dishub, kata Eko, hanya berperan sebagai tim crowd free road yang memonitor kerumunan. “Geraknya tak hanya malam saja, tapi setiap saat. Apabila ada kerumunan akan diobservasi dan dianalisa untuk menentukan kebijakan,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles