29.9 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Covid -19 Nyebar, Uji Coba PTM Batal

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kabupaten Bogor akan memperpanjang pembelajaran daring atau jarak jauh dan membatalkan rencana uji coba Pembelajaran Tatap  Muka (PTM). “Keputusan membatalkan rencana uji coba PTM, pertimbangannya karena kasus penyebaran dan penularan Covid -19 belum melandai,”kata Bupati Ade Yasin, Rabu (06/01).

Ade mengatakan, sistem pembelajaran daring berlaku untuk semua tingkatan sekolah mulai dari SD, SMP/MTs serta SMA/SMK/MA. “Faktor keselamatan siswa harus menjadi perhatian kita, makanya untuk saat ini PTM tidak diperkenakan dulu, termasuk di kecamatan yang katagori oranye,” ujar perempuan kedua yang memimpin Kabupaten Bogor itu.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) berencana menggelar uji coba PTM, di mana satu kecamatan hanya satu SMP dan SMA yang diperbolehkan menggelar PTM dan untuk SD tiap desa hanya satu sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Entis Sutisna, kepada Jurnal Bogor, sebelumnya pernah mengatakan, jika pandemi Covid -19 berkepanjangan dan PTM belum bisa dilaksanakan, Dinas Pendidikan sudah saat ini sedang mematangkan kurikulum darurat.

“Kurikulum darurat akan dipakai atau diterapkan, jika pandemi memakan waktu panjang yang tak memungkinkan, metode pembelajaran tatap muka dilaksanakan,” katanya.

Entis  mengatakan, kurikulum darurat nantinya materi pembelajaran yang disampaikan guru pada siswa SD dan SMP,  tak lagi menonjolkan sisi teori yang mengharuskan siswa menjawab pertanyaan, namun arahnya lebih pada praktikum yang meransang imajinasi siswa. “Semisal untuk mata pelajaran pengetuan alam, siswa diberi tugas membuat bola dunia atau globe dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah. Nah, dari pembuatan bola dunia itu siswa secara tidak langsung akan belajar beberapa mata pelajaran mulai matematika, ilmu sosial hingga budaya,” tutupnya.

** Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles