26.1 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Dilantik, Pengurus Katar Mugiya Siap Dukung Program Pemerintah

Manfaatkan Lahan, Pemdes Cigudeg Bakal Bangun Pusat Kuliner

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Pengurus Karang Taruna Mugiya Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg masa bakti 2020-2025 resmi dilantik, Kamis (17/12/). Pengurus yang dilantik diketuai Muhammad Abdul Gopur, selaku sekretaris dan sejumlah seksi  melengkapi kepengurusan yang dilantik di aula Kantor Desa Cigudeg.

Pelantikan Karang Taruna Mugiya sekaligus acara refleksi dengan menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Desa (LPPD) akhir tahun yang dihadiri dan disaksikan  65 RT, 22 RW di 9 dusun serta para tokoh agama dan masyarakat hadir dalam acara tersebut.

“Seiring sejalan dengan organisasi kepemudaan bersama-sama untuk membangun kemajuan desa. Yang paling penting sinerginya dulu yang harus dibangun,” kata Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi kepada Jurnal Bogor.

Kedepan, kata Andi Karang Taruna Desa Cigudeg tidak mungkin tidak punya anggaran, musababnya potensi di wilayah  Desa Cigudeg  yang harus digali dan dikembangkan terbilang cukup banyak. ” Salah satu potensi yang bisa digali  di Cigudeg yakni keberadaan setu. “Jadi tinggal dipersiapkan  tatakelola dan pengemasannya seperti apa,” kata dia.

Secara kebetulan  Desa Cigudeg juga memiliki lahan yang berasal dari perkebunan sekitar 1,7 hektar yang nantinya lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk dibuatnya  Pusat Kuliner Desa Cigudeg. “Disitulah nanti yang melaksanakan di lapangan itu Karang Taruna, meski nanti pengelolaannya ada di desa,” papar Andi.

“Direncanakan mulainya insya Allah awal tahun pada Januari 2021,” ungkapnya.

Usai dilantik, Ketua Karang Taruna Mugiya Muhammad Abdul Gopur atau yang lebih akrab disapa Opung menyatakan, pihaknya berkomitmen dalam pembangunan untuk memberikan  berkontribusi bagi masyarakat.

“Kami akan mengajak pemuda  yang tergabung dalam lembaga Karang Taruna untuk berinovasi membantu Pemerintah Desa Cigudeg. Kami berharap Karang Taruna Mugiya dapat lebih maju , begitupun pengurusnya untuk berjiwa sosial  di tengah-tengah masyarakat, karena karang taruna adalah organisasi sosial,” jelasnya.

Opung mengatakan, peran organisasi kepemudaan diharapkan membantu  dalam berbagai aspek, namun utamanya yang harus dibangun adalah SDMnya. “Agar bisa sejalan dan menyamakan persepsi terlebih dahulu SDMnya yang harus dibangun,” ujar Opung.

Dikesempatan itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigudeg Madropi mengapresiasi Pemerintah Desa Cigudeg yang telah memberikan ruang dan kesempatan bagi anak anak muda agar untuk terus maju dan berkarya. ” Pak Kades telah mensupport  kegiatan kepemudaan Karang Taruna, tinggal keseriusan dan kesiapan kita untuk memberikan terobosan baru dan karya nyata,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles