Genjot Wisatawan, Pemkot Bogor Sulap Kampung Cikeas Jadi Wisata Edukasi

0
86

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor bersama aparatur wilayah terus mempersiapkan destinasi wisata baru di Kota Hujan. Diantaranya dengan mematangkan pembangunan kampung eduwisata di RT 01/RW 03, Kampung Cikeas, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Lurah Katulampa, Dicky Iman Nugraha mengatakan bahwa kampung eduwisata itu nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi yang merupakan Prasarana Sarana Umum (PSU) Perumahan Kemang Permata, yang saat ini tengah diproses penyerahannya kepada pemkot.

Nantinya, sambung dia, di area itu akan terdapat peternakan sapi, kambing hingga budidaya maggot, ikan hias dan konsumsi.

“Jadi nanti, wisatawan bisa belajar cara beternak dan membudidayakan ikan serta maggot. Pengelolannya sepenuhnya dilakukan oleh warga,” ujar Dicky kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Menurut Dicky, dipilihnya konsep tersebut lantaran pemerintah melihat adanya kecendrungan warga sekitar untuk membudidaya ikan dan beternak.

“Usulan ini adanya dari bawah, bukan dari atas (pemerintah),” ucapnya.

Selain adanya budidaya ikan dan beternak, di kawasan itu juga akan dibangun tempat pengelolaan sampah terpadu berskala mikro.

“Untuk saat ini, kami fokus terlebih dahulu mengintervensi fisik dan SDM-nya. Disana ada sekitar 200 KK, kami berharap dapat dimaksimalkan semuanya,” katanya.

Dicky menambahkan, ide membuat kampung eduwisata lantaran Kampung Cikeas masuk dalam lomba P2WKSS, dan mayoritas warga disana kurang sejahtera secara perekonomian.

“Jadi ini adalah salah satu upaya untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat serta menekan angka kemiskinan,” imbuhnya.

Nantinya, kata Dicky, bibit ikan hingga ternak akan disiapkan oleh Pemkot Bogor melalui dinas terkait.

“Selama ini ada bantuan pusat soal bibit-bibit itu. Makanya itu yang akan dimaksimalkan,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Disbudpar, Atep Budiman mengatakan bahwa Disbudpar mempunyai pekerjaan rumah untuk kembali meningkatkan kunjungan wisatawan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan membangkitkan dan membuat destinasi wisata baru.

“Karena itu kami telah siapkan beberapa tempat wisata, dalah satunya ya Kampung Cikeas ini,” katanya.

Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here