PKBM Karya Mekar Bersiap Kembangkan TBM

0
135
Nasim Suheri

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karya Mekar Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor bersiap mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Upaya ini merespon setelah dikukuhkannya Forum TBM Kota Bogor. “Setelah ada forum, kami akan mengembangkan dengan membuat TBM,” ujar Ketua PKBM Karya Mekar, Nasim Suheri, Kamis (29/10).

TBM ini jelas Suheri untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam program literasi. Sebab minat baca masyarakat, terutama anak-anak masih rendah. Sehingga dengan adanya TBM, diharapkan anak-anak tidak melulu main game. “Ya meskipun sekarang tak lepas dari gadget, tapi setidaknya budaya membaca itu yang diperlukan,” kata dia.

Pembuatan TBM juga untuk membuka akses dan fasilitas dalam upaya program literasi. Dengan adanya TBM, masyarakat juga bisa berpartisipasi langsung misalnya dengan mendonasikan buku-buku atau yang berkaitan dengan literasi. “Sudut-sudut halaman rumah atau pos ronda juga sebenarnya bisa dibuat TBM karena intinya untuk merangsang masyarakat atau anak-anak membaca buku, atau belajar,” jelasnya.

Namun karena pandemi Covid-19, PKBM dan TBM kini memiliki tantangan tersendiri karena di satu sisi berupaya menjaga kesehatan, tapi disisi lain perlu pembelajaran. Namun kata Nasim, TBM bisa dilakukan karena tak mengumpulkan massa banyak, tetapi proses literasi diikuti warga atau anak sekitar di tempat tinggal.

** Asep Saepudin Sayyev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here