Awas, Politik Uang Jelang Pilkades!

0
76
ilustrasi

Megamendung | Jurnal Inspirasi

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2020 bakal digelar di Kecamatan Megamendung pada 20 Desember mendatang yaitu Desa Sukakarya. Desa yang memiliki 6000 hak pilih ini kini masyarakatnya tengah menimbang-nimbang terhadap calon yang sudah mulai melakukan pencitraan guna mencari simpati masyarakat.

Menjelang Pilkades tersebut, beberapa pengamat setempat mengemukakan kekhawatirannya. Yakni, politik uang bisa mengancam terhadap kenetralan suara. “Masyarakat harus cerdas dalam memilih pemimpinnya. Suara kita jangan sampai luluh oleh hal yang sifatnya sepele. Tetapi, kita harus memikirkan 5 tahun kedepan untuk menentukan pemimpin di wilayah. Kita sering mengalami kekecewaan akibat gagal memilih pemimpin yang dampaknya kerugian bagi masyarakat. Dan untuk Pilkades ini waspada terhadap praktik money politics atau politik uang,” ungkap Saepudin, warga Megamendung.

Sementara itu menjelang pemilihan nanti, panitia kini tengah menggeber validasi hak pilih warga. Di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua yang juga akan melaksanakan Pilkades, para ketua RT kini tengah menyisir setiap kepala keluarga untuk mengakuratkan hak pilih. “Inikan banyak pemilih pemula, setiap ketua RT kini sedang mendata masyarakat. Dan untuk para bakal calon kita sedang memverifikasi berkas dari 3 orang bakal calon,” pungkas Sekretaris Desa Citeko, Firmansyah.

** Dadang S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here