26.1 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Hadits Hari Ini

24 Juli 2020
03 Dzul-Hijjah 1441 H

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي حَدَّثَنِي خَالِدُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِلَالٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَكُونُ الْأَرْضُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ خُبْزَةً وَاحِدَةً يَكْفَؤُهَا الْجَبَّارُ بِيَدِهِ كَمَا يَكْفَأُ أَحَدُكُمْ خُبْزَتَهُ فِي السَّفَرِ نُزُلًا لِأَهْلِ الْجَنَّةِ قَالَ فَأَتَى رَجُلٌ مِنْ الْيَهُودِ فَقَالَ بَارَكَ الرَّحْمَنُ عَلَيْكَ أَبَا الْقَاسِمِ أَلَا أُخْبِرُكَ بِنُزُلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ بَلَى قَالَ تَكُونُ الْأَرْضُ خُبْزَةً وَاحِدَةً كَمَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَنَظَرَ إِلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ ضَحِكَ حَتَّى بَدَتْ نَوَاجِذُهُ قَالَ أَلَا أُخْبِرُكَ بِإِدَامِهِمْ قَالَ بَلَى قَالَ إِدَامُهُمْ بَالَامُ وَنُونٌ قَالُوا وَمَا هَذَا قَالَ ثَوْرٌ وَنُونٌ يَأْكُلُ مِنْ زَائِدَةِ كَبِدِهِمَا سَبْعُونَ أَلْفًا

Telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin Syu’aib bin Al Laits, telah menceritakan kepadaku bapakku dari kakekku, telah menceritakan kepada kami Khalid bin Yazid dari Sa’id bin Abu Hilal dari Zaid bin Aslam dari Atha bin Yasar dari Abu Sa’id Al Khudri dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam Beliau bersabda:

Pada hari kiamat bumi itu akan seperti satu potong roti yang akan di ratakan oleh Allah dengan tangan-Nya hingga menjadi seimbang. Sebagaimana roti yang diratakan oleh salah seorang dari kalian diperjalanannya. Sebagai hidangan bagi penghuni Surga.

Kemudian seorang laki-laki dari Yahudi datang, ia berkata kepada Beliau; Semoga Allah memberkahi kepadamu wahai Abu Qasim. Beliau berkata kepadanya: Maukah kamu kuberitahu tentang hidangan penghuni Surga pada hari kiamat ?.

Dia menjawab: “Ya.” Beliau bersabda: “Bumi akan menjadi satu potong roti -sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tadi.- Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihat kepada kami dan tertawa hingga terlihat gigi serinya. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya:

Maukah kuberitahukan kepadamu tentang lauk pauk mereka ?. Dia menjawab: Lauknya adalah Balaam (bahasa Ibarahin) dan Nun. Para sahabat bertanya: “Apakah itu ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab: Yaitu seekor sapi, sedangkan nun adalah daging yang paling baik dari hatinya yang akan dimakan oleh tujuh puluh ribu penghuni Surga yang masuk tanpa hisab.

HR Muslim No. 5000.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles