Klaster Mitra 10 Terus Bertambah

0
367

Bogor | Jurnal Inspirasi
Jumlah kasus positif Covid-19 asal klaster Mitra 10 kembali bertambah. Pasalnya, pada Minggu (5/7) ada penambahan satu orang lagi yang terkonfirmasi positif corona, sehingga menyentuh angka 21 orang. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa tambahan seorang yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal klaster Mitra 10 merupakan pegawai pada bagian suplier pada supermarket bahan bangunan tersebut.

“Iya, nambah satu orang. Yang bersangkutan merupakan warga Kota Bogor,” ujar Dedie saat dikonfirmasi Jurnal Bogor melalui pesan singkat whatsapp.

Menurut Dedie, Pemkot Bogor dan Gugus Tugas Covid-19 sudah memperpanjang penutupan sementara operasional Mitra 10, dan meminta supermarket bahan bangunan itu melakukan beberapa langkah. Di antaranya menguji sample spesimen bagi karyawan, SPG, supplier dan manajemen.

Selain itu, Mitra 10 harus melakukan penataan terhadap sirkulasi udara, menyiapkan flow pengunjung, menutup kantin, mengurangi jumlah pegawai yang berada didalam area toko dan menyiapkan skema penyemprotan disinfektan secara rutin dan terjadwal. “Setelah semua dipenuhi maka Pemkot dan Gugus Tugas Covid-19 baru akan memberi kelonggaran untuk dibuka kembali dengan catatan,” tutur dia.

Dedie mengatakan bahwa kasus positif Covid-19 yang terjadi di Kota Bogor akhir-akhir ini berasal dari tiga klaster. Yakni, fasilitas kesehatan, klaster luar Kota Bogor (imported cases) dan klaster Mitra 10.

“Untuk Faskes kita sudah berkoordinasi dengan Dinkes Propinsi untuk melakukan pengkajian ulang terhadap delapan RS Rujukan Covid-19 yang direkomendasi Gubernur Jabar,” ungkapnya.

Sedangkan untuk klaster luar kota Bogor, kata Dedie, terjadi lantaran ada seseorang yang melakukan perjalanan luar kota dengan menggunakan multi moda transportasi umum serta kasus warga Kota Bogor yang ber-KTP Kora Bogor tapi berdomisili di luar daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Sri Nowo Retno mengatakan, pada Minggu (5/7) jumlah pasien positif Covid-19 bertambah lima orang, sehingga totalnya mencapai 193. “Ada lima penambahan kasus positif,” ucapnya.

Kendati demikian, sambung dia, jumlah pasien positif yang sembuh juga bertambah lima orang, sehingga menjadi 125. “Untuk pasien yang meninggal tak ada penambahan,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here