Anggota Dewan Geram Keluarga di Situ Udik Alami Gizi Buruk

0

Pengurus RT Hingga Desa Harus Dievaluasi

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi
Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Ruhiyat Sujana mengunjungi warga Kampung Gandarasa RT 01, RW 09 Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang yang menderita gizi buruk dari kecil hingga sekarang ini sudah berusia 35 tahun. Melihat kondisi satu keluarga yang sudah puluhan tahun tak mendapat perhatian pemerintah yang kini sangat memprihatinkan tersebut, Ruhiyat Sujana merasa geram terhadap kepengurusan perangkat RT hingga Desa Situ Udik.

“Dari pengurusan RT dengan melihat kondisi warga yang cukup membuat saya geram dari kondisi keluarga itu mulai dari anaknya yang sakit gizi buruk, kemudian ada kakaknya yang yatim dan yang sakit struk ringan sudah tahunan,” tegas Ruhiyat kepada wartawan, kemarin.

Ruhiyat meminta, adanya evaluasi dari perangkat Desa Situ Udik mulai dari tingkat RT agar mampu memotret persoalan di tingkat bawah. “Yang punya warga itu adalah desa ada RT dan lain sebagainya sehingga mampu memotret persoalan di bawah, sehingga ini harus diperbaiki sebagai bentuk evaluasi, sekali lagi saya berharap peran maksimal tadi peran desa,” kata Ruhiyat.

Ruhiyat menegaskan, jangan karena persoalan keterbatasan, ketidak pahaman perangkat desa sehingga acuh terhadap warga yang seharusnya mendapatkan perhatian dari pemerintah. “Jangan-jangan ini adalah persoalan ketidakpahaman, ketidaktahuan atau apapun itu, keterbatasan punten dari perangkat RT misalnya, sehingga menjadi acuh. Ini catatan besar lah,” tegasnya.

Sementara itu keluaraga yang mengalami gizi buruk, Ratu Wiraksini mengatakan karena keterbatasan ekonomi pihak keluarga hanya bisa pasrah karena untuk berobat saja hanya bisa  ke puskesmas dan klinik 24 jam. “Mau pakai BPJS kan kita nunggak tidak punya uang,” kata dia.

Keluarga itu mengaku sudah kesal karena pihak terkait tutup mata terhadap masalah yang dihadapinya. “Matanya melihat tapi pada buta, kupingnya mendengar tapi pada tuli,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here