Lama Dinanti Warga, Pembangunan Jalan Lingkar Desa Batutulis Akhirnya Terwujud

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Warga Kampung Pasirgintung di wilayah RW 03 RW 04, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung tidak lama lagi bisa tersenyum. Pasalnya, impian  ingin adanya akses jalan antar kampung sudah tercetus sejak lama. Tokoh masyarakat setempat Ust Jalil, menyambut baik rencana akan dibangunnya akses jalan tentu akan mempermudah masyarakat petani dan mendukung aktivitas masyarakat lainnya.

“Sebetulnya keinginan warga ingin dilebarkan jalan tersebut sudah diusulkan waktu zamannya kepala desa yang lama. Alhamdulilah dengan keinginan masyarakat yang kuat perencanaan pembangunan jalan tersebut akhirnya bakal terealisasi,” kata Jalil penuh Syukur kepada Jurnal Bogor, Minggu (7/6).

Tak hanya itu, sambung  anggota BPD Desa Batutulis A. Toni bahwa pembukaan akses jalan tersebut merupakan aspirasi masyarakat khususnya  warga di 2 RW.” Ini sesuai aspirasi masyarakat maka itu pemilik lahan pun dengan sukarela untuk menghibahkan tanahnya,” sebut Toni.

Animo masyarakat begitu antusias, terang Sadam, jalan yang tadinya setapak  dilebarkan. Sebelum di bangun menggunakan dana desa mereka berswadaya lakukan pematokan maupun pemerataan.

Toni yang akrab dipanggil Sadam, memaparkan,  mengingat begitu besar manfaat danya jalan desa yang merupakan mempermudah warga menuju tempat pemakaman umum (Makam Gede,red)  juga sebagai penghubung antar kampung.”  Setelah dibangun jalan tesebut yang nantinya akan tersambung salah satunya Kampung Babakan Cipetir dan Pasirging Atas serta Kampung Pasirgintung Bawah.

“Poinnya adalah  pembangunan jalan tersebut akan mendongkrak perekonomian warga  petani serta mepermudah silaturahmi antar kampung,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Batutulis, Ade Supriatna sangat merespon apa yang menjadi keinginan warganya untuk dibangun jalan penghubung antar kampung.”  Melihat kontur tanahnya juga masih labil jadi step by step kita juga tidak serta merta langsung bangun maksimal, jadi pengerjaanya secara bertahap. Kami pokuskan pembangunan jalan tersebut ditahun 2021 dengan menggunakan dana desa. Kami melihatnya jalan ini potensi selain menuju situs batutulis juga menuju akses pemekaran Bogor Barat.”

“Untuk wancana pengerasan karena kita juga belum acara Musrembang apakah anggaran yang sekarang akan ditarik ke Covid-19 apa pembangunan,  pastinya eksen pelaksanaanya pembangunannya  diagendakan tahun 2021,” ungkapnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here