32.2 C
Bogor
Tuesday, October 15, 2024

Buy now

spot_img

Puting Beliung Terjang Kampung Jalan Baru, Tiang Listrik Hingga Pohon Ambruk Timpa Rumah Warga

jurnalinspirasi.co.id – Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang wilayah Kampung Jalan Baru RT 03 RW 06, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu (14/10/2024).

Akibat kejadian ini, sebuah pohon besar dan tiang listrik ambruk, menimpa balkon rumah warga hingga mengalami kerusakan serius.

Selain itu, dua rumah di wilayah tersebut juga rusak karena tertimpa pohon yang roboh.

Seorang warga setempat, Suhendar, menceritakan kronologi kejadian.

“Awalnya hanya hujan biasa, tapi tiba-tiba angin datang dengan kencang, membawa kabut putih yang tebal. Tidak lama kemudian, terdengar suara pohon roboh yang menimpa tiang listrik, dan tiang itu langsung jatuh ke arah rumah,” ujar Suhendar.

Ia juga menambahkan bahwa atap rumah warga rusak akibat terpaan angin kencang dan pohon yang roboh.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Hidayatullah, menjelaskan bahwa bencana ini tidak hanya melanda Kelurahan Kencana, tetapi juga wilayah lain di Kecamatan Tanah Sareal, seperti Kelurahan Mekarwangi.

“Angin kencang melanda beberapa wilayah, termasuk Bogor Barat seperti Situgede dan Balungbangjaya. Kejadian terjadi sekitar pukul 14.30 WIB,” ujar Hidayatullah.

Hidayatullah menambahkan, ada enam titik yang harus segera ditangani, terutama pohon tumbang yang menimpa tiang listrik.

“Kami bekerja sama dengan PLN untuk melakukan evakuasi, dan saat ini masih dalam proses pemulihan penerangan. Pohon jenis rambutan menimpa tiang listrik dan mengakibatkan kerusakan pada balkon rumah warga.”

Menurut BPBD, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, namun 8 rumah terdampak, terutama di bagian atap.

Tim gabungan dari BPBD dan dinas terkait masih melakukan asesmen dan penanganan lebih lanjut di lokasi bencana.

“Penelusuran masih kami lakukan dan dampaknya bisa bertambah, pihak BPBD mengimbau warga untuk tetap waspada dan segera melapor jika ada kerusakan atau dampak tambahan akibat cuaca ekstrem ini,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles