25.8 C
Bogor
Friday, September 20, 2024

Buy now

spot_img

Pusat Pemerintahan Baru Kota Bogor Geser Kepadatan Kota

jurnalinspirasi.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali membahas pembangunan pusat pemerintahan baru di kawasan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengatakan bahwa proyek pembangunan pusat pemerintahan baru tersebut untuk menggeser kepadatan di pusat kota dan ditarget rampung pada tahun 2028 mendatang.

Atas dasar itu, sambung Bima, diperlukan sinergi dengan pengembang lokal serta integrasi perencanaan.

“Perencanaan harus terintegrasi, akses masuk dan jalur harus menghubungkan selatan dan utara. Fasilitas publik seperti kesehatan, pendidikan, dan komersil juga perlu diperhatikan,” ujar Bima saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Timur, Rabu (31/1).

Menurut dia, alokasi anggaran pembangunan akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun, dengan harapan dapat memulai pembangunan tahun depan.

“DED tahun ini mencapai Rp1,7 miliar, mudah-mudahan teman dewan menyepakati sehingga pembangunan dapat dimulai tahun depan,” ungkapnya.

Kata dia, proyek ini diharapkan menjadi pusat pemerintahan yang baru dan terintegrasi dalam dua hingga tiga tahun mendatang, menggeser kepadatan di pusat kota.

“Kami berharap adanya rumah sakit internasional, gedung olahraga, dan fasilitas lainnya,” jelasnya.

Walau awalan proyek belum dipersiapkan sepenuhnya lantaran barus memiliki Detail Engineering Design (DED), ia menjelaskan  pentingnya kolaborasi dan keterlibatan semua pihak.

“Harus dikolaborasikan, tidak semua menggunakan APBD, dan beberapa proyek akan melibatkan sektor swasta,” jelasnya.

Disinggung mengenai kepala otoritas serupa IKN, Bima menyatakan bahwa akan ada gugus tugas khusus dan tim khusus yang akan dibentuk untuk menangani proyek ini.

“Rencananya rampung pada tahun 2027-2028 dan lahan ini akan matang,” pungkasnya.n

(fredy kristianto

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles