33.4 C
Bogor
Friday, September 20, 2024

Buy now

spot_img

Musrenbangdes Desa Sukaluyu Prioritaskan Peningkatan Infrastruktur

Nanggung | Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Sukaluyu, Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Penyusunan RKPDesa Tahun 2024 di aula desa, Senin (26/9/2023).

Musrenbangdes yang dihadiri unsur masyarakat mendapatkan sejumlah usulan prioritas seperti jalan dan TPT yang diharapkan dapat dilaksanakan, khususnya peningkatan infrastruktur karena Desa Sukaluyu mayoritas masyarakatnya petani.

Sekretaris Desa Sukaluyu Iip Maulana mengatakan, sebelum melaksanakan Musrenbangdes pihaknya malaksanakan musdus di wilayah masing-masing dusun, disana mereka musyawarah dan mengusulkan setiap kegiatan untuk tahun 2024.

“Saya tekankan kepada para kepala dusun, untuk membuat usulan sesuai dengan prioritas, jadi tidak semua usulan itu harus dimasukkan tetapi yang harus prioritas dulu,” katanya, Senin (26/09/2023).

Dia menjelaskan, usulan tersebut masuk ke desa yang kemudian dicatat dan penetapannya di Musrenbangdes sesuai dengan hasil usulan musdus. “Jadi untuk penetapan RKPDes itu dilaksanakan pada saat Musrenbangdes,” beber Iip.

Menurut Iip, hampir semua dusun memiliki titik yang akan dibangun, kendati nanti akan dilihat prioritas yang harus diutamakan dan disesuaikan dengan anggaran dan harus diverifikasi bersama BPD.

Dia berharap, tahun depan anggaran di desa dapat ditingkatkan mengingat banyak PR pembangunan untuk kemajuan desa.

“Setiap usulan yang prioritas itu dapat dilaksanakan dan yang belum menjadi prioritas itu juga akan dilaksanakan. Walaupun sumbernya bukan dari APBDes, kita upayakan bisa bersumber dari mana saja, pemerintah  desa akan upayakan, supaya usulan-usulan setiap dusun itu tercover,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles