Home News Tingkatan Kualitas SDM, Kementan Luncurkan Assessment Center

Tingkatan Kualitas SDM, Kementan Luncurkan Assessment Center

JURNAL Inspirasi – Kementerian Pertanian (Kementan) secara resmi meluncurkan Assessment Center, Jumat, 13 September 2024. Peluncuran ini menandai langkah penting dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Kementerian Pertanian melalui penilaian kompetensi yang lebih terukur dan profesional.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi tulang punggung penggerak pembangunan pertanian. Karenanya sudah seharusnya SDM pertanian memiliki kualitas yang mumpuni.

“Empat kunci yang perlu dipegang teguh agar SDM kita menjadi mumpuni, diantaranya ialah bekerja yang terbaik, fokus, cepat, dan berorientasi hasil”, sebut Amran

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Idha Widi Arsanti, dalam sambutannya mengatakan, Peluncuran Assessment Center, merupakan hasil kerja keras, komitmen, dan dedikasi dari seluruh pihak yang terlibat.

“Saya berharap lembaga ini akan mendukung penerapan sistem merit dan manajemen talenta di Kementerian Pertanian. Ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme SDM.” sebut Santi.

Assessment Center ini diharapkan dapat memperkuat proses seleksi dan pemetaan pegawai di Kementerian Pertanian, meliputi penilaian kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta uji kompetensi bagi pegawai.

Kepala BBPMKP, Sukim Supandi juga memberikan pernyataan terkait peluncuran ini. “Dengan adanya Assessment Center ini, BBPMKP berkomitmen untuk melaksanakan penilaian kompetensi yang akurat dan objektif. Kami siap menghadapi tanggung jawab besar ini dan bertekad untuk memberikan kontribusi maksimal dalam meningkatkan kapasitas SDM di Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Proses akreditasi Assessment Center Kementan telah melalui penilaian ketat dan mendapatkan pengakuan sebagai Penyelenggara Penilaian Kompetensi Kategori A dari Pusat Penilaian Kompetensi ASN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Keputusan Kepala BKN Nomor 280 Tahun 2024. Ini menandakan bahwa BBPMKP telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan untuk penilaian kompetensi di instansi pemerintah.

Kementerian Pertanian berharap Assessment Center ini dapat menjadi motor penggerak dalam mewujudkan visi dan misi lembaga, serta berkontribusi pada kemajuan sektor pertanian dan pelayanan publik secara keseluruhan.

(yev/bbpmkp-rls)

Exit mobile version