25.9 C
Bogor
Tuesday, September 17, 2024

Buy now

spot_img

Tingkatkan Kualitas Pelatihan, Kementan Jalani Akreditasi Pelatihan CPNS dan PKA

JURNAL Inspirasi – Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) saat ini tengah menyiapkan proses akreditasi Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA). Akreditasi tersebut bertujuan menjaga kualitas penilaian penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan.

Hadirnya penyelenggaraan pelatihan yang berkualitas serta terakreditasi berperan penting dalam membentuk kualitas peserta SDM nya.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa SDM menjadi tulang punggung penggerak pembangunan pertanian. Karenanya sudah seharusnya SDM pertanian memiliki kualitas yang mumpuni

BBPMKP sebagai lembaga pelatihan kepemimpinan dan manajemen di Kementan memiliki tanggung jawab dalam mencetak generasi pemimpin yang unggul dan profesional.

Sejurus dengan hal tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widhi Arsanti mengungkapkan harapannya agar kedepan BBPMKP dapat menjadi center of excellence, pencetak pemimpin-pemimpin unggul melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakannya.

Adapun tahapan dalam proses akreditasi meliputi pemenuhan dokumen persyaratan, visitasi dan wawancara, dan diakhiri dengan proses penyampaian hasil akreditasi.

Saat ini BBPMKP tengah dalam tahapan visitasi dan wawancara yang dilakukan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada Selasa (03/09) dan Rabu (04/09) di BBPMKP.

Asesor LAN RI, Elly Fatimah menyampaikan bahwa tahapan visitasi dan wawancara tersebut merupakan proses verifikasi dan konfirmasi terhadap kesesuaian dokumen yang telah disampaikan, wawancara dengan para stakeholder, serta peninjauan sarana dan prasarana pendukung pelatihan.

“Kami akan melakukan konfirmasi dan kejelasan data yang telah disampaikan kemarin dan menanyakan beberapa hal terkait pelatihan”, kata Elly, Selasa (03/09).

Lebih lanjut Elly menjelaskan beberapa aspek instrumen penilaian akreditasi program meliputi perencanaan program pelatihan, penyelenggaraan pelatihan, evaluasi pelatihan, hasil penyelenggaraan pelatihan, pembiayaan pelatihan, serta sarana pendukung pelatihan.

Kepala BBPMKP, Sukim Supandi berharap BBPMKP dapat mempertahankan akreditasi A pada program Latsar CPNS dan PKA yang selama ini di raihnya.

“Dengan segala upaya yang telah kami lakukan, kami berharap dapat mempertahankan akreditasi A. Karena kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelatihan kami”, tandas Sukim Supandi.

(yev/bbpmkp-rls)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles