26.3 C
Bogor
Saturday, June 15, 2024

Buy now

spot_img

Halal Bil Halal 1445 H Samudera C 1781 Membahagiakan

JURNAL Inspirasico.id – Hatur nuhun mas Ketu Enomy atas sharing fotonya, saya AA sedang berduet dengan mbak Nia, menyanyikan sebuah lagu, tembang lama, judulnya kalau tak salah “Ku Sendiri”.

Sebelumnya, saya diminta teman-teman Samudera untuk menyanyikan sebuah lagu “Angin Malam”, yang populer dinyanyikan penyanyi pop terkenal Broery Pasolima, guna mencairkan suasana kekeluargaan, untuk mengawali acara lomba Karoke dan Tebakan Kuis, “kompetisi” antar 4 grup Samudera untuk memperebutkan beberapa hadiah (suuvenier) yang menarik, yang disediakan panitia.

Panitia pelaksananya HbH 1445 H, mereka yang gesit dan berdedikasi 5 serangkai, yakni mas Ketu Enomy, buben Ima, Danru Tria, kang Dodik dan mbakyu Reti.

Dengan pertemuan saling bertatap muka, bersalam-salaman antar warga Sanudera, kemudian diselingi bernyanyi bersama, dan bermain karoka dengan lagu-lagu tembang lama, sehingga mengingatkan romantika kehidupan kita semasa remaja tempo doeloe.

Sungguh, merupakan sebuah momen yg sangat membahagiakan kita semua, termasuk saya AA (mantan Vokalist Band Pelajar SMPN Cerenti, thn 1975an), diberikan kesempatan oleh teman-teman Samudera Angkatan 17 tahun 1981 (C.1781) untuk bernyanyi solo dan juga berduet bernyanyi dengan mbak Nia, yang datang dari jauh Kota Bandung.

Hasil jepretan Hp mas Ketu.Enomy, gambar-fhota kami berduet dishare kepada saya pagi ini, (Kamis, 23/5-2024). Terima kasih mas Ketu Enomy, dengan kiriman gambar tersebut, merangsang saya untuk menulis kisah Silaturrahmi.HbH 1445 H Samudera yg menyenangkan, sekaligus membahagiakan kita semua yg hadir.

Mereka yang berkesempatan hadir dalam acara Silaturrahmi dan Halal Bil Halal 1445 H/2024 M ada sebanyak lk 30 orang. Acara silaturrahmi syawalan 1445 H Samudera tsb, sudah berlangsung pada hari Ahad, tgl 19 Mei 2024 yang lalu, bertempat di sebuah lokasi destinasi wisata alam, dengan fanorama alam pegunungannya berketinggian lk 1000 meter dpl.

Barang tentu lokasinya begitu indah dan menarik, yaitu Resort Akasha, terletak di Desa Hambalang, Sentul Kabupaten Bogor. Menurut informasi, resort seluas lk 2 hektar, dgn tersedia 10 rumah villa sewaan ini baru mulai beroperasi sejak 2 tahun lalu.

Perjalanan saya menuju lokasi Resort Akasha adalah untuk pertama kali. Walaupun saya mukim lama (35 thn) di daerah Ciawi dimana jarak sebenarnya tak terlalu jauh ke lokasi Desa Hambalang. Namun, saya katakan sewaktu saya mau bernyanyi solo, sebagai orang Bogor, agak “malu” juga.

Artinya, seumur hidup belum pernah menempuh daerah Desa Hambalang ini, dan baru kali ini, sehingga senang dan berbahagia menikmati.alam pegunungan Hambalang, sambil bertemu.dengan para Sahabat Samudera C.1781 yang tampil semakin tampak wajah menua “kulit keriput dan rambut mulai memutih-beruban”, ada yang baru sembuh dari sakit, jalan pun bertongkat, mulai agak sempoyongan, alhamdulillah bisa bersilaturrahmi dengan penuh.semangat persaudaraan antar sesama yang sekian lama terjalin.

Jujur saya berkata, pada acara Silaturrahmi dan HbH 1445 H Samudera kali ini, saya merasakan sebuah kebahagiaan, bertemu pertama kali sejak lulus S1 Faperikan IPB, lk 40 thn lamanya tak pernah bertemu, yaitu dengan teman lama mas Kusno dan Onny Wahyu.

Kondisi jalan menuju Resort Akasha, dari arah Serkuit Sentul Babakan Madang Citeuruf Bogor ke lokasi, jalannya menanjak, berkelok-kelok dan kiri-kanan jalan berdiri berbagai bangunan vila, resort dengan pepohonan dan tanaman hias yg cukup rindang, dan juga berdiri bangunan milik instansi Pemerintah spt Universitas Pertahanan (Unhan), Badan Penanganan Bencana Alam Nasional, Badan Penanggulangan Teroris Nasional, dan lain-lain, memakan waktu sampai ke lokasi Resort Akasha selama 30-45 menit .

Dengan share gambar duet saya dan.mbak Nia sedang bernyanyi pop-jadul di resort Akasha,Hambalang, mengingatkan saya akan “yel-yel” mas Ketu Enomy pada saat berpidato sambutan yang penuh semangat lebih kurang “tageline” saya kutip sbb:

“Get up Persaudaraan Samudera tidak saja Whats up..”
“Hidup Samudera, Hidup Samudera, Hidup Samudera C 1781… tetaplah Kita menjalin komunikasi atas dasar persaudaraan, tidak saja dimedsos selama ini, akan tetapi juga dilakukan dengan melaksanakan Silaturahmi Tatap Muka spt kegiatan serangkaian acara Halal bi Halal 1445 H/2024 M saat ini, yang menyenangkan hati dan pikiran kita, yang barang tentu sangat menghibur, sekaligus membahagiakan kita sesama.

Kebahagiaan (the happiness) adalah sesuatu kebutuhan hakiki bagi seorang manusia, terlebih bagi kita warga Samudera C.81 yg kini, hampir semua kita telah berusia rata-rata diatas 60 tahun, sudah dalam kategori manusia usia lanjut, disebut manula, tenaga pun mulai sangat berkurang dan beberapa penyakit mulai “menghapiri”.

Manula bisa juga kita maknai, yakni manusia semakin langka (scarcity man/woman), karena satu persatu teman-teman kita se angkatan 17, yang kini terhimpun dalam grup Samudera, sama-sama memasuki Fakultas Perikanan IPB dengan 5 (lima) Jurusan-program studi (BDP, MSP, PSP, SEP dan PHP) tahun 1981, setelah lulus dari Tingkat Persiapan Bersama (TPB), satu persatu telah dipanggil sang Maha Pemiliknya, Allah SWT (wafat).

Populasi Samudera C 1981 dari tahun ketahun semakin berkurang sesuai sunnatullah. Oleh karenanya kita saling berdoa, semoga kita warga Samudera berada dalam keadaan sehat walaffiat dan apabila waktu ajalnya tiba, maka kita berharap dalam keadaan husnul khotimah, serta selamat hidup di dunia dan kehidupan di akhirat menghadap Allah SWT.

Mari kita bacakan surat umul quran “Al Fatihah” bagi para Sahabat Samudera.C.1781 yang telah mendahului.kita, salah seorang diantara sahabat kita yg wafat baru-baru ini, Ir Sri Harnanto MSi di Jogyakarta. Semoga arwah para Sahabat kita yg telah wafat, berada di tempat yang mulia, di Syurgajannatunnaim, Aamin-3 YRA.

Dengan adanya silaturahmi HbH 1445.H tersebut, dengan serangkai aktivitas dan.acara yg menghibur antar sesama, bernyanyi, berkaroke bersama, menari, banyolan-banyolan (komentar) dengan kata-kata, ungkapan bahasa yang “lucu-lucu” antar kita grup “lomba” sambil tertawa terbahak-bahak, sehingga urang syaraf kita yang hadir yg tadinya “tegang” kini menjadi “kendor”, rilex dan refresh.

Berikutnya kita telah menikmati hidangan aneka masakan, minuman yg nikmat dan manusiawi, serta yang terakhir ada sajian “pesta” makan buah durian berjemaah, dan berphoto bersama dengan beragam gaya-kocak yg mempesona. Maka dengan hal itu semua telah memberikan hiburan yang menyenangkan, terkadang mengharukan, dan membahagiakan bagi kita semua, yang mengesankan dan penuh kenangan.

Akhir kata, atas nama para Sahabat Samudera C 1781 kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Panitia Silaturrahmi dan HbH 1445 H yg diketuai sahabat saya yang baik hati, mas Ketu Enomy, yang dibantu kawan-kawan kita yg gesit dan berdedikasi terhadap Samudera C.1781 yg tetap hidup, bersemangat dan eksis-setia saling berkomunikasi, dan bertemu bersilaturrahmi, menjalin persaudaraan yg menyehatkan nan abadi, insyaAllah.

Semoga Allah SWT mengampuni segala kekhilapan dan kesalahan, serta dosa-dosa yg mungkin ada terjadi, hendak terhapus dengan adanya berjabat tangan, saling memaafkan.
Semoga adanya narasi ini bermanfaat, dan mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati.
Syukron barakallah *

Wassalam
====✅✅✅
Dr Ir H Apendi Arsyad, M.Si (C.1783, Kini berprofesi sebagai Dosen dan Pendiri Universitas Djuanda Bogor, sejak 1986 sd sekarang, Konsultan, Pegiat dan Pengamat serta Kritikus Sosial melalui tulisan di media sosial)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles