26.3 C
Bogor
Sunday, June 16, 2024

Buy now

spot_img

Desa Wisata Pasir Eurih Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal

Jurnal Bogor – Desa Wisata Pasir Eurih di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, memiliki nilai jual yang luar biasa sebagai destinasi wisata, selain mempertahankan tradisi budaya, dan kearifan lokal secara turun menurun.

Wisatawan yang datang kedesa wisata ini akan dimanjakan dengan permainan-permainan tradisional jaman dulu yang sudah jarang ditemui di perkotaan.

Misalnya, permainan kaulianan urang lembur, enggrang, sumpit , bedit jepret bebeletokan, bakiak hingga gangsingan dan semuanya berkaitan erat dengan kebiasaan kebiasaan masyarakat di sana seperti menanam padi, membuat kue tradisional dan kerajinan sandal sepatu.

Ketua Desa Wisata Pasir Eurih, Deden Supandi mengatakan, walaupun di terpa arus globalisasi dan digitaliasasi, di sini tetap komitmen dalam merawat dan menjunjung tinggi budaya dan kearifan lokal.

“Banyak dari universitas yang mengadakan kegiatan di Desa Wisata, diantaranya, Universitas Sahid, Pakuan, UI, Trisakti, UGM, dan Pelita Harapan berkegiatan pengabdian masyarakat, penilitan, skripsi,” ujarnya, Kamis (23/5/2024).

Masih kata Deden, ada juga dari sekolah menengah atas, seperti SMAN 10 Depok, SMAN 2 Bekasi, dan SMA Mardiyuana Bekasi, dengan kegiatan kaulianan budak lembur, berkunjung ke pengrajin sepatu sandal, dan kue kampung.

“Salah satunya dengan merawat dan melestarikan budaya itu tidak hanya pembangunan fisik saja, tetapi juga seni, arsitektur serta khas makanan yang ada di Desa Pasir Eurih,” katanya.

Lanjut Deden, potensi kebudayaan jadi ciri khas tersendiri bagi masyarakat di Kabupaten Bogor, buat warisan anak cucu kita ini juga salah satu cara kami untuk mewujudkan semangat pancakarsa pada karsa Bogor maju dan berkeadaban.

Ia menambahkan, merawat kebudayaan dan kearifan lokal tetap harus dipertahankan di desa wisata, karena itu adalah roh dari desa wisata.

Menurutnya, desa wisata harus terbuat dari budaya masing masing sehingga harus di kemas dengan baik dengan tidak merusak tatanan adat adat yang ada.

“Inilah keistimewaan desa wisata Pasir Eurih dan seluruh desa wisata di Kabupaten Bogor. Ayo ciptakan pengalaman pengalaman baru dengan berwisata di desa wisata di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Yudi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles