27.3 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Santunan Sosial Dhuafah-Yayasan ACM menyambut Idul Fitri 1445 H di Cerenti Riau

JURNAL Inspirasi – Alhamdulillah. Indahnya, berbahagianya hidup berbagi antar sesama di negeri yang kita sama-sama cintai ini.

Pagi ini Ahad, tepatnya tgl 7 April 2024, Yayasan Arsyada Cerenti Madani (YACM) untuk ke-4 kalinya pada thn 2024 ini, bisa berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita, para dunsanak, yang mukimnya tersebar di beberapa desa se Kecamatan Cerenti Kab. Kuantan Singingi Provinsi Riau, maaf kondisi kehidupan sosial ekonominya mereka dalam kategori “kurang mampu”.

Mereka yang hadir adalah penduduk pribumi Cerenti yang masuk kategori kaum dhuafah, fuqoro masakin yakni terdiri dari omak-omak janda, anak yatim, orang tua lansia, guru ngaji dan marbot masjid. 

Mereka telah mendapat undangan dari Ketua YACM, Yean Asnudi bin Abbas Main berdasarkan kriteria tersebut untuk menerima sumbangan Paket Sembako, meringankan beban biaya hidup menghadapi hari bahagia Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M, yang sebentar lagi akan tiba, diperkirakan jatuh 1 Syawal 1445 H pada hari Rabu 10 April 2024, berdasarkan Kalender Kemenag RI. 

Alhamdulillah wasyukurillah, dana zakat mal, infaq dan sedekah (Zis) untuk penyediaan barang kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) tersebut diperoleh dari hasil pengumpulan dana Zakat mal, infaq dan sedekah (Zis) dari warga keluarga besar Arsyad-Daranah (the Arsyad Family), ditambah dengan adanya donasi beberapa Simpatisan, sahabatku untuk mensukseskan pelaksanaan Program Pemberdayaan Sosial Kaum Dhufah Yayasan ACM, yang berdomisili di Kota Bogor, diantaranya mas Prof Dr. Arif Satria, Rektor IPB University/Ketum.MPP ICMI, kang H.Tb Nasrul Ibnu HR, Ketua Gapensi Jawa Barat, dosen FE UNIDA ibu Dwi Gemina SE MM, dll. Subhanallah, berkat dukungan mereka jumlah paket Sembako yang akan disalurkan bertambah banyak, insya Allah diberkahi Allah SWT.

Perbuatan amal kebajikan tersebut, selain dapat memberikan kebahagiaan kepada para dunsanak, kaum fuqoro masakin di kampungku, Insya Allah pula bisa menjadi ladang amal sholeh dengan ganjaran pahala yang melimpah dari Allah SWT sebagai bekal kehidupan kita di akhirat kelak, Aamiin.

Terus terang, ketika saya selaku Pendiri dan Ketua Dewan Pembina YACM, memberikan sambutan pada acara sumbangan Sembako dhuafah utk lebaran thn 2024 M, terhubung lewat video call. Saya sungguh merasa berbahagia dan agak terharu sampai meneteskan air mata atas kehadiran sanak family dan kaum dhuafah di rumah peninggalan omakku alm. Hj.Darana binti Djamin dan alm.ayahku H.Arsyad bin Kahar, di Kampung  Bukit Gudang Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti. 

Saya sungguh terbayang wajah ayah dan ibuku, serta  teringat akan kebaikan kedua orangtuaku semasa mereka hidup sangat dekat dengan warga yang tak berpunya (dhuafah), fuqoro masakin dan anak yatim-piatu di kampungku.

Kedua orangtuaku di masa itu adalah aktivis penggerak kegiatan sosial Pengurus Ranting Muhammadyah Kecamatan Cerenti, tempo doeloe, baik sebelum proklamasi kemerdekaan RI tgl 17 Agustus 1945 di era penjajahan Belanda dan Jepang, maupun setelah kemerdekaan RI di era Orde Lama, yang perekonomian rakyat desanya, yang hidup berkesusahan sebagai dampak instabilitas politik pemerintahan Pusat, konflik PRRI hingga peristiwa G 30 S PKI meletus, sehingga semakin mempersulit perekonomian rakyat di desa-desa.

Dalam menghadapi perekonomian rakyat desa yang sulit, kedua orangtuaku berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat desa di masa itu lewat kegiatan santunan sosial, terutama membantu keluarga yatim.

Memori kebaikan yang dicontohkan oleh kedua orangtua kami itulah, yang mendorong kami sekeluarga, bersemangat membuat Yayasan Arsyada Cerenti Madani (YACM). Dengan kehadiran lembaga sosial nirlaba ini, anak keturunannya (zuriath Arsyad-Daranah= Arsyada) bisa meneruskan tradisi baik di lingkungan sosial dan mengabadikannya dalam upaya mendapatkan ridho Allah semata-mata (mardhatillah).

Kami keluarga besar the Arsyad Family selalu mendoakan, kedua orangtua dan sanak family yang telah mendahului kita, ditempatkan di Syurgajannatunnaim, dan keluarga yang masih hidup senantiasa tetap istiqomah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dengan gemar berbuat kebajikan di tengah masyarakat sebagaimana dicontohkan orangtua kami.

Dalam sambutan acara penyerahan Sembako-Dhuadah YACM utk paket lebaran idul fitri 1445 H Ahad pagi 7 April 2024 tadi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran omak-omak, bapak-bapak, kakak-kakak dan anak-anakku sekalian di rumah “tuo-soko” omak dan ayah kami. Sekarang sudah menjadi Sekretariat Yayasan ACM, pusat aktivitas pemberdayaan sosial dan dokumentasi. Subhanallah para emak dan bapak serta anak yatim bisa berpose, diabadikan gambarnya di halaman kantor Yayasan tsb, mereka dengan penuh ceria dan bahagia menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Dan tak lupa, kami juga memohon doanya, agar warga Arsyad Family diberikan kemurahan rezeki dan panjang umur oleh Allah SWT, sehingga mau dan mampu memberikan sumbangan dana Zisnya untuk mendanai program pemberdayaan masyarakat dhuafah YACM selanjutnya.

Terima kasih saya yang tulus, saya sampaikan kepada mereka, para pembina, pengurus dan pengawas Yayasan ACM, khususnya kepada mereka berjibaku untuk menyelenggarakan kegiatan baksos YACM sekarang ini, antara lain andak Hj.Nurmi Arsyad, adikku Latifah Arsyad SSos, para anak kemenakan Yean Asnudi SPd MPd (Ketua YACM), Asnaldi SPdi.MM (Sekretaris), Neni Leo Risfa (Bendara), May Sapto (Kepala Sekretariat YACM), Erwin, Mila, Ir.Roni, Erik dan banyak lagi yang lain yang telah membantu. InsyaAllah kalian dalam keadaan sehat walafiat dan tetap bersemangat berbuat kebajikan antar sesama dalam rangka beramal sholeh.

Marhaban Ya Ramadhan 1445 H, selamat beribadah puasa, semoga meraih ketaqwaan illallah, menjadi muttaqien.
Syukron barakallah

Bogor, 7 April 2024
Wassalam

====✅✅✅

Penulis: Dr. Ir. H. Apendi Arsyad, M.Si
(Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Arsyada Cerenti Madani)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles