24.6 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Semarak Peringati Hari Film Nasional 2024, ‘Beragam Filmnya Ramai Penontonnya’

JURNAL Inspirasi – Setelah 37 tahun lamanya tidak terlaksana akibat terhambat oleh situasi politik pada masa itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media menggelar serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Film Nasional (HFN) Tahun 2024.

Hari Film Nasional merupakan peringatan resmi yang ditetapkan oleh Presiden BJ Habibie melalui Keputusan Presiden RI No.25/1999, mengacu pada tanggal produksi film Darah dan Doa, dengan Usmar Ismail diakui sebagai Bapak Perfilman Indonesia.

Pada tahun 2024, Peringatan Hari Film Indonesia mengangkat tema ‘Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya’.

Dilansir dari detik.com, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbud-Ristek, Ahmad Mahendra lewat rilis resminya mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi perayaan Hari Film Nasional 2024 dan berupaya untuk menularkan semangat ini ke seluruh Indonesia.

“Melalui slogan Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya, kami berharap akan selalu muncul apresiasi yang tinggi bagi beragamnya unsur yang ada dalam sebuah film, termasuk salah satunya adalah genre film. Keberagaman inilah yang patut kita hargai,” jelasnya.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, pada peringatan HFN 2024 ini, Kemendikbudristek bersama beberapa pihak terkait akan melaksanakan sejumlah acara di berbagai kota, di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Bukittinggi, serta beberapa daerah lainnya di Indonesia, mulai tanggal 27 Maret.

Untuk mengakhiri kegiatan, diadakan pemberian penghormatan kepada profesi legenda perfilman Indonesia dalam agenda “Legend Award” akan dilaksanakan dalam mengakhiri rangkaian Hari Film Nasional 2024. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Sinematek Indonesia, Jakarta pada 31 Maret 2024.

(maria ulfah/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles