23.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

18 Makam di Muarasari Direlokasi, 1 Jasad Masih Utuh dan Wangi

JURNAL Inspirasi – Sebanyak 18 makam yang berada di Kampung Tajur RT 02 RW 04, Kelurahan Muarasari, Bogor Selatan, Kota Bogor direlokasi. Makam tersebut dipindahkan ke Astana Cogreg. 

“Semuanya ada 18 makam yang dipindah masih satu kecamatan lokasinya di Astana pemakaman umum di Kampung Cogreg,” kata Komara, salah satu ahli waris, Sabtu (30/3/2024).

Progres pemindahan makam tersebut dilakukan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan relawan rescue.

Satu per satu makam tersebut digali dan jasad tutup dengan kain kafan yang baru oleh petugas. Selanjutnya dibawa ke lokasi yang sudah disiapkan untuk relokasi.

Dalam proses penggalian ini, warga juga sempat digegerkan oleh jasad yang masih utuh dan wangi, yaitu keluarga dari Komara, almarhum Atang bin Artain, Enih binti Artain, Enah bin Artain, dan Mari binti Mali.

“Awalnya yang saya kira biasa saja, tetapi setelah digali oleh BPBD saya sebagai keluarga merasa terharu melihat jasad keluarga terutama kakek saya (utuh dan wangi),” ujarnya.

Pihak ahli waris menyampaikan sangat berterima kasih kepada pemerintah yang sudah merelokasi makam yang kondisi lahannya sudah memprihatinkan, khawatir ketika hujan, tebingan terus digerus oleh air.

“Atas nama keluarga, saya ucapkan banyak terima kasih, dengan relokasi makam tersebut, dan pihak keluarga akhirnya tidak susah payah, dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak,” ucap dia.

Sekedar diketahui, tebing Tembok Penahan Tanah (TPT) di area pemakaman ini mengalami longsor. Dalam kejadian itu, dua orang pekerja proyek ini dikabarkan meninggal dunia.

(miftahul jannah/mg-uik)


Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles