26.6 C
Bogor
Sunday, April 21, 2024

Buy now

spot_img

Sabilillah: Pemkab Perlu Tingkatkan Anggaran Biaya Proses Tipiring

JURNAL Inspirasi –  Derasnya kritik aktivis lingkungan hidup Bogor Raya akhirnya memacu Pemerintah Kabupaten Bogor untuk fokus terhadap kebersihan dengan pola pengelolaan kebersihan secara terpadu.

Rencana penataan kebersihan akan dimulai dari perkotaan Cibinong hingga tingkat kepala desa, lurah, camat, UPT, RT RW, masyarakat serta perangkat daerah sesuai tugas dan fungsinya.

Aktivis Lingkungan Hidup Bogor Raya, Sabilillah, mengaku bersyukur terhadap niat Pemkab Bogor dalam upaya melaksanakan tata kelola sampah terpadu hingga tingkat pedesaan.

“Pengamatan kami memang masih sangat mudah ditemukan tumpukan sampah berserakan, terutama di pusat keramaian perkotaan maupun di pedesaan. Bahkan, di pinggir jalan pun sampah menghiasi 40 wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor.

Sabilillah juga memberikan masukan kepada Pemkab Bogor untuk aktif kembali menegakan Perda Ketertiban Umum dan Perda Kebersihan.

“Sebar lagi intel-intel lingkungan hidup di tiap desa yang bertugas memergoki pelaku pencemaran sebagai efek jera, dan perlu pula dianggarakan untuk biaya proses tindak pidana ringan di pengadilan negeri,” usulnya, Rabu (20/04/2024).

Ia menjelaskan, tidaklah cukup jika penerapan pola pengelolaan kebersihan secara terpadu tersebut tanpa diikuti peningkatan anggarannya. Terutama anggaran proses tindak pidana ringan di pengadilan negeri yang cukup memberikan efek jera kepada pelaku.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi problem kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Bogor yang belum optimal dalam menerapkan tata kelola sampah serta mencegah terjadinya penumpukan sampah liar serta pencemaran sungai.

Sebelumnya, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu didampingi Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra, memimpin rapat penataan dan kebersihan lingkungan kawasan perkotaan Cibinong, yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bogor, Selasa (19/3/2024).

Asmawa Tosepu mengungkapkan, untuk mengoptimalkan pengelolaan lingkungan Kabupaten Bogor terutama penataan kebersihan perkotaan Cibinong yang bersih, tentunya pola pengelolaan kebersihannya dilakukan secara terpadu mulai dari kepala desa, lurah, camat, UPT, RT RW, masyarakat juga perangkat daerah terkait sesuai tugas dan fungsinya.

Menurut Pj Bupati Bogor bahwa kebersihan ini tidak hanya jadi tanggung jawab dari pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saja.

“Tim terpadu ini memiliki peran yang sangat besar terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan Kabupaten Bogor. Jangan sampai ada sampah yang bertumpuk di bahu jalan terutama di wilayah perkotaan Cibinong Raya dan seluruh wilayah Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Dalam rapat itu pula, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Subiantoro menambahkan, pembentukan tim terpadu sangat penting terlebih di Kabupaten Bogor pengelolaannya belum dilakukan secara modern artinya pemilahan sampah masih dilakukan secara manual.

(yev/r)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles