24.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

Dari Bogor, Ibu Negara Ajak Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

jurnalinspirasi.co.id – Ibu Negara Iriana Joko Widodo memulai Gerakan Tanam Cabai Nasional di Alun-Alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (4/3/24).

Bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Estu Handayani, Ibu Negara menyerahkan sekitar 1.000 bibit cabai sebagai upaya pengendalian inflasi daerah.

Iriana Joko Widodo berpose bersama PKK Kabupaten Bogor

Iriana dan Wury hadir ditemani Ibu Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ibu Tri Tito Karnavian juga jajaran istri menteri Kabinet Indonesia Maju, salah satunya Annisa Pohan yang merupakan istri Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Siti Chomzah serta jajaran anggota pengurus PKK Kabupaten Bogor.

Kabupaten Bogor sendiri terpilih sebagai tuan rumah kegiatan Gerakan Tanam Cabai serentak di seluruh Indonesia, dan Gerakan Tanam Cabai juga dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52. Pemkab Bogor pun sukses menyelenggarakan perhelatan Gerakan Tanam Cabai tingkat Nasional.

Penanaman cabai ini tidak hanya dilakukan secara langsung di Alun-alun Cirimekar juga dilakukan secara virtual oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Indonesia. Keberhasilan penanaman cabai juga sudah dilakukan seperti di Papua dan Kalimantan.

“Terimakasih Papua sudah tanam cabai semoga hasilnya terus bagus,” kata Iriana Joko Widodo saat berdialog dengan peserta virtual.

Selain Gerakan Tanam Cabai Nasional, beberapa rangkaian kegiatan juga dilakukan yakni, 1.000 paket sembako, tiga buah bantuan kursi roda, dokumen kependudukan, serta 500 buku resep kudapan tinggi protein secara simbolis.

Lalu penebaran 50 ribu benih ikan di Situ Citatah, peninjauan food truck, mobil ATI (Ahli Teknologi dan Informasi), rapid test keamanan pangan, serta penanaman tujuh benih pohon Alpukat Miki. Serta berbagai kegiatan lain seperti Gelar Pangan Murah, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta stand-stand edukasi.

Dalam kesempatan ini, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Siti Chomzah mengungkapkan, suatu kehormatan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara pencanangan Gerakan Tanam Cabai serentak di seluruh Indonesia juga disiarkan secara Zoom dan diikuti oleh seluruh Provinsi,  Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52.

Menurut Siti Chomzah, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga. Karena, cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

“Kita juga menyelenggarakan beberapa kegiatan di sini, contohnya ada bazar UMKM, bazar UP2K juga ada gerakan pangan murah. Penyebaran 50 ribu benih ikan, dan penanaman seribu pohon cabai. Juga ada bantuan sosial paket sembako sejumlah 1.300 yang dibagikan kepada masyarakat dan tadi simbolis diserahkan sejumlah 200 orang,” jelas Pj. Ketua PKK Kabupaten Bogor.

Tidak hanya itu, juga dilakukan penyerahan secara simbolis dokumen-dokumen kependudukan, contohnya KTP, KIA, dan Akta Kelahiran.

“Kemudian juga ada penyerahan buku resep makanan dan ada gerakan pangan murah stop boros pangan yang dilakukan oleh anak-anak sejumlah 250 siswa yang melakukan jingle-jingle stop boros pangan,” imbuhnya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan pada Gerakan Tanam Cabai Nasional tampak menikmati sejumlah kegiatan tersebut dengan tampak enjoy di Alun-alun Ciri Mekar, alun-alun kebanggaan warga Cibinong.

(yev/r)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles