27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Wakil Walikota Cek Stok Beras di Bulog Dramaga

jurnalinspirasi.co.id – Terus merangkaknya harga beras di sejumlah pasar tradisional, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim  melakukan pengecekan beras di Bulog Cabang Dramaga di Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Hasil kunjungannya, ketersediaan beras di Bulog Cabang Dramaga aman hingga Lebaran dan kualitas beras juga layak untuk dikonsumsi.

Dedie A. Rachim menjelaskan kunjungannya dilakukan untuk memastikan bahwa ketersediaan stok beras di Bulog itu memang mencukupi paling tidak beberapa bulan kedepan, termasuk menghadapi bulan Ramadan dan Lebaran.

Informasi disampaikan oleh Kepala Cabang Bulog Bogor Raya bahwa ada 850 ton beras yang didistribusikan kepada ke 85.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bogor.

“Artinya apa ini paling tidak , sampai dengan bulan Juni 2024 masyarakat atau keluarga penerima manfaat akan mendapatkan penyaluran beras 10 kilo per bulan sampai dengan bulan Juni Insya Allah aman,” ujarnya, Selasa (27/2).

Di luar ini juga ada beras SPHP  dengan jumlahnya 1.200 ton per bulan yang disalurkan ke pasar tradisional dan juga pasar  ritel.

“Dilihat dari stok,  kita tidak khawatir.  Apalagi tadi kita juga melihat di depan Bulog Dramaga ada truk yang baru datang dari Patimban membawa stok beras yang kita impor mungkin antara Vietnam, Thailand atau Pakistan. Artinya kombinasi antara produk dari lokal termasuk juga cadangan dari impor kelihatannya tidak perlu kita khawatirkan cadangan beras sampai Lebaran nanti,” ungkapnya

Dia juga bersama Kepala Cabang Dramaga melihat langsung kondisi beras yang akan didistribusikan ke masyarakat.

Dilihat ada tiga jenis beras,  pertama yang kualitasnya cukup baik itu dari Pakistan. Kemudian yang keduanya dari Thailand dan yang level ketiga dari Vietnam. Ketiganya layak di konsumsi.

“Adanya isu beras naik,  untuk itu perlu menstabilkan harga beras dan  jangan ada apa namanya kegiatan yang disebut panik buying, beras banyak dan aman sampai lebaran. Tujuannya kedatangan ke Bulog Dramaga berkoordinasi dan memastikan stok pangan aman ,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Cabang Wilayah Bulog Dramaga Yanto Nurdiyanto mengungkapkan masyarakat tidak boleh khawatir akan cadang beras . Saat ini. untuk stok yang ada ada sekitar 6000 ton.

Ada juga rencana pengiriman beras ke Bulog Cabang Dramaga seperti dari Patimban. Untuk tun over stock di cabang Bogor ini diakuinya sangat cepat karena memang kapasitas gudang pas. Pihak juga tengah mencari gudang beras, selain di Dramaga .

“Pak Walikota menawarkan gudang di kota untuk digunakan oleh Gudang Bulog yang sifatnya pinjam pakai,” ujarnya.

Pihaknya juga mempunyai  target penyaluran bantuan pangan melayani tiga wilayah diantaranya Kota Bogor, Depok dan Kabupaten Bogor dalam sebulannya itu hampir 5.700 ton.

Kemudian punya target SPHP kurang lebih 1300. SPHP penyalurannya ke titik pasar tradisional maupun modern dan kurang lebih sebulan itu menyalurkan sebanyak 7000 ton.

” Stok beras di Jabar sampai Lebaran cukup aman.  Gudang beras bukan hanya di Dramaga saja,  contoh seperti Gudang beras  besar di  Karawang, Cirebon dan Subang akan ke Bogor, Bandung dan Ciamis,” tukasnya.

(arip ekon)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles