27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

UIKA Bogor Sambut Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024

jurnalinspirasi.co.id – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyelenggarakan acara Penyambutan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4 Tahun 2024 di Aula Gedung Prof. Dr. H. Abdullah Siddik, UIKA pada Rabu (21/02/2024). Terdapat 45 perguruan tinggi dari 18 provinsi yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di lingkungan UIKA Bogor.

Dr. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yaitu Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. memberikan sambutannya kepada peserta PMM Angkatan 4. Dia menyampaikan dan meyakini bahwa pilihan bertukar di kampus UIKA tidak akan merugi bagi mahasiswa dari PTN maupun PTS.

“Insya Allah adik-adik semuanya tadi saya lihat ada yang dari PTN dan PTS, tidak akan rugi, tidak salah memilih untuk menjadi mahasiswa yang bertukar di kampus UIKA,” ujar Samsuri, Rabu (21/02/2024).

“Pertama saya yakin kota Bogor yang kita kenal sebutan kota hujan, kota angkot. Tapi satu hal ini adalah kota yang sangat ramah, sejuk, dan UIKA termasuk salah satu yang menjadikan kota Bogor menjadi kota yang sejuk. Setidaknya sejuk hatinya, pikirannya, dan perkataannya,” lanjutnya.

Samsuri juga menyampaikan pesan penting kepada peserta PMM, bahwa harus menjadi contoh yang baik, tidak terlibat narkoba, dan tidak melakukan kekerasan seksual.

“Pertama harus menjadi orang yang memberikan contoh atau role model yang baik. Tidak boleh ada satu pun dari peserta pertukaran mahasiswa merdeka yang terlibat atau menyentuh atau mendekati narkoba, itu larangan keras. Rektor dan pendamping lapangan betul-betul dijaga,” tegas Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten.

“Kedua, ini program yang sangat baik. Maka tidak boleh ada kekerasan seksual. Jika itu terjadi, UIKA sudah mempunyai Satgas. Lebih berani menyampaikan,” ujarnya.

“Terakhir, setelah selesai dari UIKA dan kembali ke kampus masing-masing maka harus membawa oleh-oleh. Yang dimaksud oleh-oleh terbaik adalah cerita atau projek kesuksesan selama menjadi mahasiswa pertukaran di kampus UIKA,” tutupnya.

Samsuri berharap dengan adanya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) terutama di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menjadi bermanfaat, hargai setiap perbedaan, dan bangun kebersamaan dengan sebaik-baiknya.

Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor, yaitu Prof. Dr. H. E. Mujahidin, M.Si. dalam sambutannya berpesan kepada peserta PMM Angkatan 4 Tahun 2024 dalam acara tersebut.

“Kita harus pelihara kepercayaan ini sesuai dengan yang diharapkan oleh kementerian. Kepada PMM selamat menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman di Bogor,” ucap Rektor UIKA Bogor pada Rabu (21/02/2024).

Acara yang berslogan ‘NgaBogor ka UIKA Loba Batur Loba Dulur’ dengan arti Tinggal di UIKA Harus Banyak Teman dan Saudara. Rektor UIKA Bogor mengatakan bahwa menimba pengetahuan adalah pengalaman bertukar budaya dan bekerja sama.

Gilang Aditya yang diamanahkan menjadi Kepala Suku PMM Angkatan 4 UIKA Bogor asal STIKOM Tunas Bangsa Pematang Siantar Sumatera Utara, mengucapkan rasa terima kasih atas sambutan yang telah diberikan dari pihak Universitas Ibn Khaldun Bogor.

“Terima kasih kepada Bapak Rektor beserta jajaran dan bapak ibu dosen Universitas Ibn Khaldun Bogor yang telah bersedia menyambut dan menerima kami untuk belajar di lingkungan UIKA,” ujar Kepala Suku, Gilang Aditya pada Rabu (21/02/2024).

Selain penyambutan, acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan kebudayaan oleh peserta PMM Angkatan 4 Tahun 2024 yang berasal dari masing-masing daerah dan kampus asalnya.

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Pengelolaan Sumberdaya, Hj. Leny Muniroh, S.E., M.Si.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Dakwah, Dr. H. Dedi Supriadi, M.Si., M.Pd.; Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi, dan Pengembangan, Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc.; serta dekan, wakil dekan, dan dosen-dosen Univeristas Ibn Khaldun Bogor.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu dari 7 program dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu di antaranya Kampus Mengajar, Magang MSIB, Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wirausaha Merdeka, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), dan Praktisi Mengajar.

(lia puspitasari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles