30.6 C
Bogor
Monday, April 15, 2024

Buy now

spot_img

UIKA Kembali Gelar Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa 2024

jurnalinspirasi.co.id – Universitas Ibn Khaldun Bogor gelar acara sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiwa (PKM) 2024 di auditorium Prof. H. Abdullah Siddiq, S.H dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Universitas Ibn Khaldun, Jumat (16/2/24).

Acara tersebut diisi oleh 3 pemateri yakni Dr. Dedi Supriyadi, M.Si., Ph.D. Ketua PKM Eska Pradana, dan wakil ketua Ritzkal, dihadiri pula oleh Wakil Rektor bidang kemahasiswaan UIKA Bogor Prof. Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah, S. Ag., M.Ag, dosen dan para mahasiswa UIKA Bogor.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Wakil Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor Prof. Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah , S. Ag., M.Ag menyampaikan tahun demi tahun UIKA sudah mengikuti kegiatan PKM dengan berbagai skema dan teknis mendapatkan arahan dari para dosen pembimbing, wakil dekan bidang kemahasiswaan, dan wakil bidang PKM.

Selain itu, Prof. Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah , S. Ag., M.Ag menjelaskan bahwa Kegiatan PKM  merupakan bagian dari kegiatan akademik hanya di luar pembelajaran formal. kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Jika mahasiswa tidak aktif dalam berbagai kegiatan kreatifitas sesungguhnya dia belum bernama mahasiswa milenial. Mahasiswa milenial merupakan mahasiswa yang mengikuti berbagai event-event kemahasiswaan. Terlebih lagi kegiatan kreatifitas ini berkaitan dengan akademik.

“jadi, inilah adalah upaya pencarian kita terhadap bakat, minat dan kemampuan yang memang seharusnya kita asah,” tuturnya.

Prof. Dr. H. Maemunah. selaku wakil rektor bidang akademik menyebut ada beberapa keunggulan mengikuti kegiatan PKM ini.

Pertama, Mereka yang mendapatkan atau berhasil lolos proposal PKM didanai oleh kemendikbud bisa mengalahkan lulusan tertinggi IPK. Kegiatan PKM ini adalah salah satu kegiatan yang bersifat nasional, kompetisi nasional. Mahasiswa yang mengikuti PKM akan mendapatkan pengalaman di dalam akademik dan di luar akademik.

Kedua, ketika mengikuti kegiatan-kegiatan selain kegiatan akasemik formal di dalam kelas. Dapat memperkaya diri dalam memiliki berbagai serfitikat yang akan di upload dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Saat lulus mahasiwa mendapat 3 dokumen (ijazah, transkip nilai dan SKPI).

Wakil rektor bidang kemahasiswaan juga menghimbau kepada mahasiswa semua mengajak teman-teman dari lintas prodi dan lintas fakultas untuk bersama berkolaborasi dalam menyusun kegiatan KPM ini,

Selanjutkan, Dr. Dedi Supriyadi, sebagai pemateri dalam acara sosialisasi kegiatan PKM ini menyampaikan pesan bangga dan terima kasih kepada teman-teman mahasiswa disamping perkuliahan mau mengkonsentrasikan diri di dalam program kreatifitas ini.

“Program kreatifitas ini sebenarnya saudara sekalian. Ini wadah ajang bergengsi karena persaingannya nasional. Semua perguruan tinggi diberi kesempatan untuk menampilkan dirinya menjadi mahasiswa yang kreatif,” tutur Dr. Dedi Supriyadi.

Acara ini dilanjutkan oleh Ketua PKM Eska Pradana yang memandu timeline PKM 2024 dan menjelaskan terkait kriteria PKM.

Ritzkal, selaku pemateri ketiga, mengatakan bahwa beliau yakin kepada mahasiswa bisa mengerjakan kegiatan program kreatifitas mahasiswa ini dan yakin kepada pada dosen pembimbing akan mensupport penuh bagi teman-teman mahasiswa.

acara dilanjutkan dengan penjelasan teknis PKM oleh Wakil Ketua PKM Ritzkal. Kemudian acara tersebut ditutup dengan sesi sharing kepada mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor tahun 2023.

(aliya noermawati/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles