22.6 C
Bogor
Saturday, July 27, 2024

Buy now

spot_img

PTPS Ujung Tombak Pengawasan di TPS, Panwascam Ciomas Tingkatkan Kapasitas dengan Bimtek

jurnalinspirasi.co.id – Jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Panwascam Ciomas, Kabupaten Bogor mengelar bimbingan teknis (bimtek) terhadap 421 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Bimtek ke-2 yang digelar di aula Bumdes Desa Ciomas perihal peningkatan  kapasitas dan pemahaman PTPS saat melaksanakan tugasnya di TPS.  Terlebih, anggota  PTPS merupakan ujung tombak pengawasan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Bimtek ini sebagai ikhtiar kami untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman PTPS agar ketika menjalankan tugas pengawasan bisa dijalankan secara maksimal,” ujar Ketua pengawas Kecamatan (Panwascam) Ciomas Ramdhan.

Menurutnya, PTPS merupakan ujung tombak pengawasan pemilu di TPS, sehingga peran mereka sangat penting. Untuk itu, PTPS harus cekatan dan mengerti betul tugas dan fungsinya sehingga perlu dilakukan bimtek PTPS yang digelar selama dua hari.

Melalui Bimtek para pengawas TPS mendapat materi terkait pungut hitung suara atau pungsura di TPS, serta distribusi logistik TPS. Pihaknya  juga menghadirkan  pemateri bimtek yang menyampaikan tentang teknis dan pelaksanaan tugas pokok yang akan dilakukan Pengawas TPS dalam Pemilu 2024.

“Beberapa materinya antara lain materi Bawaslu yakni aplikasi SIWASLU yang akan diisi setiap pengawas TPS terkait kejadian yang ada serta materi terkait kategori pelanggaran pemilu,” ujarnya .

Pemateri Bimtek  PTPS Ciomas, Imam Sunandar mengungkapkan perekrutan anggota PTPS diadakan sebulan sebelum pelaksanaan Pemilu. Dengan waktu  yang singkat tersebut, tentunya tidak semua anggota PTPS mengerti akan tugasnya. 

Untuk itu, sangat penting diadakannya bimtek oleh Panwascam. Dengannya adanya Bimtek mereka memiliki bekal dan mengerti akan tugas dan kewajiban.

“PTPS merupakan ujung tombak pengawasan di TPS, sehingga peran mereka sangat penting,” ujar pria yang biasa disapa Isun.

Isun meminta kepada anggota PTPS  harus jeli dan bisa mengantisipasi terjadinya segala bentuk kecurangan dan permasalah di TPS.

Terlebih penghitungan suara di Pemilu 20424, diperkirakan bisa berjalan sampai malam hari sehingga  kebugaran anggota PTPS juga sangat penting .

Ia juga mengingatkan seluruh PTPS agar bekerja dengan baik dan menjaga integritas. Menurutnya hal tersebut penting agar PTPS selaku pihak yang mengawasi langsung di lapangan bisa berpegang teguh kepada aturan dan kebenaran.

“Pengawas TPS datang 20 menit sebelum pelaksanaan,  karena pembuka kotak surat harus disaksikan oleh PTPS dan saksi,” tukasnya.

(arip ekon)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles