25.6 C
Bogor
Tuesday, May 21, 2024

Buy now

spot_img

Jadi Duta Kesehatan di Sekolahnya, SDN Cinangka 01 Lantik Dokter Kecil

Ciampea | Jurnal Bogor
Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SDN Cinangka 01 mulai dirintis sejak tahun 2022, diawali dengan adanya MoU, kerjasama antara SDN Cinangka 01 dengan Puskesmas Pasir yang terletak di Desa Cinangka, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Kepala SDN Cinangka 01 Yanie Muriani, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan dokter kecil di sekolah disambut baik dan didukung oleh para orang tua murid.

“Sebelum anak-anak libur akhir semester pada kemarin pagi, Sabtu (23/12), pukul 09.00  WIB pelantikan dokter kecil dilaksanakan,” ujarnya.

Kegiatan pelantikan dokter kecil ini dihadiri oleh para orang tua murid, kepala sekolah, para guru beserta staf, koordinator layanan UKS Puskesmas Pasir dr. Shanny, Pengawas Pembina Gugus V Kecamatan Ciampea Nawawi, M.Pd, Kepala Desa Cinangka Abdurahman, S.Pd, Ketua Komite SDN Cinangka 01 Ustadz Lomri  dan Ketua PGRI Ranting  Cinangka Bunyamin Suryana, M.Pd.

“Saya sebagai pembina UKS sangat mengapresiasi kegigihan 14 peserta didik yang telah mengikuti pelatihan dan ujian yang dibimbing oleh dr.Shanny hingga mengikuti kegiatan pelantikan dokter kecil ini,” jelas Desma Anugrah, S.Pd.

“Anak-anak dokter kecil harus menjadi duta kesehatan di sekolahnya, oleh karena itu terapkan ilmunya di mana pun berada termasuk di sekolah dan rumah, laksanakan tugas ya dengan baik sesuai dengan Program UKS,” ujar Abdurahman.

Nawawi pada sambutannya berharap anak-anak dokter kecil dikemudian hari bisa melanjutkan sekolahnya di kedokteran dan bisa menjadi dokter yang sesungguhnya.

Sementara penyematan atribut diiringi musik degung yang dimainkan oleh anak-anak ekstrakurikuler degung SDN Cinangka 01. Dr Shanny menyematkan pin  UKS sekaligus untuk seragam dokter kecil kepada anak-anak dokter  kecil, topi dipasang oleh Pengawas Pembina Gugus V, Kepala Desa Cinangka, dan Ketua Komite, sementara itu Kepala SDN Cinangka 01 memasang kacu berwarna hijau yang berlambangkan Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan ditutup dengan do’a oleh Ustadz Lomri dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah dari dr. Shanny kepada   peserta dokter kecil yaitu Diandra Anastasya, Asifatun Nazwa, Khaerunisa, Daffa Maulana, Karina Rahmawati yang memperoleh nilai tertinggi pada saat ujian akhir pelatihan dokter kecil.

“Semoga sinergitas antara SDN Cinangka 01 dan Puskesmas Pasir membawa kebaikan dan  Program UKS dan Dokter Kecil SDN Cinangka 01 semakin maju,” jelas Yanie Muriani lagi.

(MWS/cc-jb)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles