28.2 C
Bogor
Tuesday, February 27, 2024

Buy now

spot_img

Implementasi P5, SMP Darul Fikri Nanggung Panen Jagung

Nanggung | Jurnal Bogor
Ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Fikri Nanggung, Kabupaten Bogor melaksanakan panen raya jagung, Selasa (19/12/2023). Seluruh kelas beserta guru dan kepala sekolah sangat antusias dalam kegiatan petik jagung tersebut.

Kepala Sekolah SMP Darul Fikri Jajat Hidayah mengatakan, kegiatan tersebut perdana di akhir tahun kurikulum merdeka.

Jajat Hidayah

“Dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dimana implementasi dari kurikulum merdeka yang diterapkan untuk siswa,” katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan itu juga meningkatkan pengetahuan dan moralitas, mengembangkan pelajar untuk selalu dipenuhi kreativitas tanpa batas.

“Pengembangan bakat anak dalam kearifan lokal, memanfaatkan sumberdaya yang ada. Karena kita itu lahir dari desa sehingga sebisa mungkin mamenfaatkan potensi yang ada di desa atau kampung halaman kita sendiri,” jelasnya.

Tanaman jagung tersebut, kata dia, ditanam oleh para siswa dan siswi beserta guru di sekolah pada empat bulan lalu di atas lahan kurang lebih 400 meter persegi yang semula merupakan lahan tidur bersemak belukar.

“Selama empat bulan dari mulai membersihkan lahan tidur, milik masyarakat hingga sampai saat ini panen raya,” ujarnya.

Sebanyak dua ribu butir jagung dihasilkan dalam panen raya itu, pihaknya kedepan akan melakukan hal yang serupa dengan menanam tanaman jenis sayuran.

“Alhamdulillah hari ini secara perdana kita melakukan panen jagung dengan hasil yang cukup memuaskan dan hasil dari panen jagung-jagung ini dibagikan  untuk siswa siswi. Insya Allah di tahun depan kita akan lanjut ke tanaman kacang atau timun,” bebernya.

Dia berharap, dengan kegiatan ini pelajar dapat membangunkan jiwa raganya dan gaya hidup berkelanjutan.

“Saya berharap bagi putra putri Darul Fikri semakin mencintai tanah kelahiran dan meneruskan perjuangan. Karena sejatinya orang tua kita kehidupannya dari tanah, perkebunan dan persawahan,” pungkasnya.

(andres)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles