30.5 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Panwascam Cigudeg Imbau ASN Netral di Pemilu 2024

Cigudeg | Jurnal Bogor
Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Cigudeg, Kabupaten Bogor mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) agar netral dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Imbauan ini menjadi alarm bagi seluruh ASN yang ada di Kecamatan Cigudeg untuk dapat menjaga netralitas pada Pemilu 2024 karena statusnya sebagai ASN.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cigudeg Hamdani menjelaskan pentingnya ASN bersikap netral dalam menjalankan tugas, kewajiban dan wewenangnya.

“Keterlibatan ASN dalam aktivitas politik dapat mengancam integritas demokrasi, karena ASN memiliki akses ke sumber daya, informasi, dan pengaruh yang dapat digunakan untuk memengaruhi hasil pemilihan,” katanya, Minggu (3/12/2023).

Dia menyebut, netralitas ASN juga untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan. ASN yang netral membantu memastikan bahwa kebijakan dan tindakan pemerintah tidak dipengaruhi oleh pertimbangan politik yang sempit.

Dengan menjaga netralitasnya, Hamdani berharap ASN dapat profesional menjalankan tugas, wewenang dan kewajibannya dalam suksesi Pemilu serentak tahun 2024.

“Kami berharap semoga seluruh ASN dapat menjaga profesionalitasnya sebagai aparatur sipil negara, cukup fokus pada pelayanan publik saja,” bebernya.

Sementara Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P2PS) Nur Randi Fauzi menyatakan, netralitas ASN bukan hanya pada tataran dunia nyata, tetapi juga di media sosial (medsos).

Bahkan ASN dilarang memberikan komentar, like dan follow di media sosial peserta Pemilu 2024. Pelarangan komentar dan like di media sosial ini dimaksudkan untuk menjaga netralitas ASN selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Panwascam Cigudeg dalam tugas pengawasan tetap mengedepankan pencegahan dalam pola penanganan pelanggaran. Kalaupun sudah dicegah tapi masih melawan, kami tindak sebagaimana aturan main yang berlaku,” ujarnya.

Ditempat yang sama Kordiv Hukum Pencegahan, Parmas dan Humas HP2HM Panwaslu Kecamatan Cigudeg Syaeful Anwar mengaku sudah beberapa kali memberikan imbauan kepada seluruh ASN yang ada di Pemerintahan Kecamatan Cigudeg dan desa se-Kecamatan Cigudeg.

“Kami sudah beberapa kali melakukan pencegahan, baik lisan maupun tertulis, secara tertulis kami sampaikan lewat surat imbauan yang ditujukan kepada Muspika Kecamatan Cigudeg dan seluruh kepala desa dan BPD se-Kecamatan Cigudeg,” pungkasnya.

(andres)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles