26.2 C
Bogor
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Jangan Sampai Berujung Pidana, Bupati Bogor Minta Kades Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Dramaga l Jurnal Bogor
Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta seluruh kepala desa untuk bertindak netral pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya pesta demokrasi lima tahunan tersebut agar dapat berlangsung luber jurdil atau langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Iwan Setiawan  menegaskan, di tengah tahapan Pemilu 2024, ASN dan para Kades harus bersikap netral, sehingga mereka harus menjaga dan menegakkan prinsip netralitas dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik.

“Saya juga sama tidak boleh jadi ketua tim dan kita taat azas baik KPU atau aturan lain. Tidak boleh  ASN dan kades  ikut kegiatan kampanye aktif,” tegas Iwan saat mendatangi korban longsor di Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Senin (4/12)

Menurut Iwan, seorang kades dilarang ikut sebagai pelaksana kampanye, maka dari itu mereka harus netral menjadi kades. Pasalnya, kades adalah unsur penyelenggara pemerintahan dan sudah ada undang-undang yang mengatur terkait netralitas mereka di pemilu dan pilkada.

Tidak hanya Kades, Ketua RT dan RW juga sama harus netral dan tidak boleh ikut berkampanye aktif.

“Kalau ASN sudah jelas aturan jika melanggar. Kades juga sama ada pidananya jika ikut kampanye. Jangan gara -gara angkat jari Anda (Kades) dipidana anda, terlalu mahal anda,” tegasnya.

(arip ekon)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles