22.6 C
Bogor
Saturday, July 27, 2024

Buy now

spot_img

Akibat Hujan Deras, Peternak Ikan di Rumpin Alami Rugi Puluhan Juta

Rumpin | Jurnal Bogor
Puluhan kolam ikan di wilayah Rumpin, Kabupaten Bogor jebol akibat hujan deras dan banjir beberapa pekan ini.

Kejadian bencana yang merugikan hingga puluhan juta rupiah milik peternak ikan tersebut terjadi, Rabu (29/11).

Pemilik kolam ikan di wilayah Kampung Gunung Nyuncung, Desa Kampung Sawah, Supendi mengatakan, banjir tersebut telah mengakibatkan 30 kolam berbagai jenis ikan miliknya terendam dan jebol.

“Puluhan kolam ikan itu saya isi dengan ternak ikan hias jenis koi dan ada juga ikan gurame. Habis semua jebol terendam banjir,” katanya, Minggu (3/12/2023).

Akibat dampak banjir tersebut dirinya mengalami kerugian sekitar Rp50 juta lebih dari harga ikan, belum termasuk dengan kerusakan gubuk, jaring dan alat-alat ternak ikan lainnya.

Dia menjelaskan, banjir tersebut diperparah irigasi di sekitar tertutup buangan tanah dari galian.

“Banjir memang akibat hujan deras yang turun. Tapi juga diperparah oleh tertutupnya selokan air akibat buangan tanah dari galian,” ungkap pria yang akrab disapa Bedog ini.

Dia berharap agar segera dapat bantuan dari pihak-pihak terkait dan ada perhatian terhadap sistem drainase air di wilayah tersebut.

“Iya, kami kan usaha disini tentu ingin ada untung. Memang ini satu musibah, tapi kami mohon ada pula perhatian pemerintah,” ucapnya.

Selain melanda Kampung Gunung Nyungcung, banjir juga terjadi di Kampung Panoongan. Puluhan kolam ikan dan kolam pemancingan milik warga sekitar juga tampak ikut terendam air.

“Air memang cukup banyak dan merendam empang (kolam) ikan warga disini. Banyak juga yang kena banjir, pasti rugilah karena ikan-ikannya pasti lepas,” tukasnya.

(andres)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles