30.6 C
Bogor
Wednesday, July 24, 2024

Buy now

spot_img

Anies: Tekanan Hidup Rakyat Lebih Besar dari Tekanan Kekuasaan

Ijtima Ulama Nyatakan Dukungan untuk Pasangan AMIN

Bogor | Jurnal Bogor
Calon Presiden Anies Baswedan menyatakan saat ini rakyat Indonesia mengalami tekanan hidup, salah satunya dalam aspek ekonomi.

“Seberat-beratnya tekanan itu (kekuasaan), tekanan rakyat lebih besar,” ujar Anies dikutip dari CNN, Senin (20/11/2023).

Pernyataan Anies ini merespons Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut adanya tekanan kekuasaan dan hukum jelang Pilpres 2024. Anies menegaskan apapun tekanan yang dialaminya dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), tak ada apa-apanya dibandingkan tekanan yang dirasakan rakyat.

Menurutnya, masyarakat merasakan tekanan ekonomi yang berat. Ia mencontohkan soal minimnya lapangan kerja untuk masyarakat usia produktif. Karena itu, Anies mengaku akan terus berjuang agar tekanan ekonomi yang dirasakan masyarakat bisa hilang.

“Mengapa sekarang kami memilih gerakan perubahan? Karena kami ingin rakyat yang mendapat tekanan besar terbebaskan,” ujar Anies. “Kami hadapi karena tekanan yang kami alami tak ada apa-apanya dibanding tekanan hidup rakyat,” ucapnya.

Hasto sebelumnya mengatakan banyak tekanan kekuasaan dan hukum jelang Pilpres 2024. Ia pun mengaku juga sudah berkomunikasi dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN soal tekanan itu.

Ia yakin pasangan AMIN juga merasakannya. Menurut dia, banyak jenis tekanan telah ditemukan hingga ke daerah.

“Penggunaan suatu instrumen hukum, penggunaan instrumen kekuasaan, dalam konteks ini kami juga membangun komunikasi dengan AMIN karena merasakan hal yang sama,” kata Hasto di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11).

Namun menurut Juru Bicara Anies Baswedan, Billy David, tak ada komunikasi antara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin dengan PDIP soal tekanan kekuasaan jelang Pilpres 2024. Ia menerangkan Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali juga membantah ada komunikasi antarpartai.

“Sejauh ini tidak ada komunikasi apapun dengan Timnas AMIN. Sudah dibantah juga lewat pernyataan Pak Ahmad Ali Waketum Nasdem bahwa tidak ada komunikasi antar partai ternyata,” kata Billy.

Billy mengaku tak mengetahui seperti apa tekanan yang dimaksud Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Namun, ia menyarankan PDIP introspeksi daripada ‘playing victim’ atau berpura-pura jadi korban.

Sementara dari hasil Ijtima Ulama dan tokoh nasional yang digelar di Kompleks Majelis Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (18/11), Anies mendapat dukungan. 

“Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang datang yaitu Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” kata anggota SC Ijtima Ulama Aziz Yanuar, dikutip Minggu (19/11). 

Anies usai kegiatan Jami’yah Lil Maslahatil Ummah Mujadalah Kiai Kampung di Kastil Atamimi Palace di Villa Puncak Tidar, Malang Sabtu, 18 November 2023 malam mengapresiasi hasil Ijtima ulama.

Dia memandangnya sebagai amanah dan kepercayaan dari para ulama dan ikhtiar. Dukungan itu, katanya muncul atas dasar yang sama yakni semangat perubahan untuk menghadirkan keadilan di semua aspek.

“Kami mengapresiasi dan memandang ini sebagai sebuah amanah sebuah kepercayaan. Bahwa ikhtiar untuk melakukan perubahan banyak mendapatkan dukungan dan kami memang ingin perubahan ini memprioritaskan keadilan di semua aspek,” kata Anies.

Anies yang maju bersama Muhaimin Iskandar di Pemilihan Presiden 2024 nanti pum mengaku semakin bersemangat dengan hasil Ijtima Ulama ini. Dia pun berjanji memegang amanah ijtima ulama dengan sebaik-baiknya. 

“Jadi dengan adanya dukungan ini (Ijtima Ulama) jadi semangat kami. Insya Allah amanah ini akan kami pegang sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan manfaat bagi semua,” ujar Anies. 

Ijtima Ulama akan mengirimkan pakta integritas kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Pakta integritas itu berisi 13 poin yang disetujui dalam rapat di Ijtima Ulama. 

“Disepakati, pakta integritas. Ada sekitar 13 (poin) yang akan dibawa pakta integritas itu oleh utusan. Kemudian akan disampaikan kepada capres-cawapres yang direkomendasikan oleh acara Ijtima Ulama,” ujar anggota SC Ijtima Ulama, Aziz Yanuar. 

Aziz menyebut, dukungan bulat akan diberikan Ijtima Ulama kepada Anies dan Cak Imin jika keduanya telah menyepakati pakta integritas tersebut. Adapun pakta integritas itu kata dia disusun oleh para ulama, tokoh, hingga lapisan masyarakat yang hadir dalam acara Ijtima Ulama. 

(yev/rmol/cnn)


Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles