29.6 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Penyelenggaraan PKN II BBPMKP Kementan Raih Akreditasi “Baik” dari LAN RI

Bogor | Jurnal Bogor
Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Kementerian Pertanian berhasil meraih Akreditasi “Baik” dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Penyerahan sertifikat akreditasi dilakukan oleh Kepala LAN RI, Adi Suryanto kepada Kepala BBPMKP, Yusral Tahir secara resmi pada kegiatan Forum Sosialisasi dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan, Selasa (07/11) di Kantor Pusat LAN RI, Jakarta.

Akreditasi PKN tingkat II BBPMKP ini merupakan kali pertama dilakukan oleh BBPMKP. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menyatakan dukungan penuh pada peningkatan kualitas pendidikan karena menurutnya peningkatan kualitas SDM berbanding lurus dengan kualitas lembaga pendidikan/pelatihan/penyuluhan.

“Salah satunya adalah akreditasi penyelenggaraan pelatihan di Lembaga Pelatihan Kementerian Pertanian. Dukungan penuh anggaran dan upaya akselerasi proses penyiapan dokumen yang dipersyaratkan dikerahkan,” ujar Dedi.

Akreditasi pelatihan merupakan penilaian kelayakan terhadap Lembaga dan Program Pelatihan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh pihak atau lembaga yang berwenang, dalam hal ini Lembaga Admnisitrasi Negara (LAN) RI.

Kepala BBPMKP, Yusral Tahir mengatakan akreditasi merupakan langkah untuk menjamin dan memberikan keyakinan pada publik, ia pun mendukung penuh komitmen peningkatan kualitas penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan lembaganya.

“Ini adalah pertama kali PKN tingkat II kami diakreditasi. Semoga dengan adanya ini (akreditasi), kami dapat terus melakukan perbaikan dalam penyelenggaran pelatihan”, tutur Yusral.

Dalam proses mendapatkan akreditasi dari LAN RI, BBPMKP Kementan sebelumnya telah melawati beberapa tahapan pelaksanaan akreditasi, diantaranya pengajuan akreditasi/surveilance, pemeriksaan berkas awal, desk asessment dan visitasi on site, serta pengumuman dan penyerahan sertifikat akreditasi.

(Nita/BBPMKP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles