25.3 C
Bogor
Saturday, July 27, 2024

Buy now

spot_img

Selamat dan Sukses Buat Kang Prof Didin S Damanhuri

Jurnalinspirasi.co.id – Ucapan selamat buat Akang Prof Didin S Damanhuri (DSD), Guru Besar FEM IPB University, Wakil Ketua Dewan Pakar MPP ICMI, atas kesuksesan melahirkan berbagai pemikiran kritis dan analitik dalam wacana ekonomi-politik dan sosial-budaya Indonesia.

Selama beberapa dasa warsa Prof DSD memunculkan berbagai perspektif pemikiran yang amat kontruktif dalam dinamika pembangunan ekonomi dan budaya bangsa, sehingga mampu mengidentifikasi dan membongkar akar permasalahan bangsa antara lain fenomena cengkraman oligarky, dsb.

Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (MPP ICMI) telah meanugerahkan sebuah penghargaan “Lifetime Achievement” sebagai Tokoh Intelektual Muslim yang berdedikasi dan berprestasi. Penghargaan disampaikan oleh Ketua Umum MPP ICMI Prof.Dr.Arif Satria SP, MSi pada momen cara pembukaan Silaturrahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI yang ke-33 tahun 2023, Sabtu 4 November 2023, bertempat di Hotel Fours Points by Sheraton Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Acara pembukaan dihadiri antara lain Menko PMK RI bpk Prof Muhajir, kemudian membuka secara resmi atas nama Presiden RI Jokowi yang berhalangan hadir, Plt Gubernur Sulsel, Walikota Makassar, dan unsur Forkopimda Sulsel beserta para tokoh masyarakat dan pemerintahan baik dari pusat maupun daerah, serta peserta Silaknas ICMI utusan dari seluruh Orwil se Indonsia, dan juga MPP, Wanhat, Wantim dan Wankar ICMI Pusat.

Syukur alhamdulillah. Kang Prof DSD, kelahiran di sebuah desa di daerah Majalengka, Jawa Barat, sekitar lk 70 tahun yang lalu, atas usahanya dan berkat ketekunan, kegigihannya dengan kapasitas intelektual yang tinggi yang dia miliki, sehingga beliau berkemampuan mendalami data dan informasi mengenai situasi dan dinamika perkembangan Indonesia dalam perspektif sains ekonomi politik.

Dengan ketekunan beliau itu, Prof DSD berpikir dan bernarasi, kemudian  telah mewujudkan dan melahirkan  berbagai karya ilmiah/konsep  pemikiran yang menginspirasi dan mencerahkan publik, dan banyak pihak (multistakeholders) baik dalam bidang ekonomi politik, maupun sosial-budaya negeri ini.

Berbagai pemikiran dan opini publik beliau itu, telah tersebar dan tersiar di berbagai massmedia, forum seminar ilmiah dan juga media cetak dalam bentuk buku-buku (lebih dari 60 judul buku) dan sejumlah artikel di koran dan majalah seperti HU Kompas, Republika dan Majalah Tempo dll.

Serta tersiar juga di media elektronik pada sejumlah channel TV dan station Radio. Memang publik mengakui bahwa kang Prof DSD adalah seorang pemikir dan penulis yang sangat produktif, dan beliau sering diundang sebagai narasumber (speaker) di forum seminar dan webinar serta wawancara dan dialog di berbagai forum media massa.

Pemikiran-pemikiran kritis dan analitik yang berani, dan “bernyali” yang diopinikan gagasan segarnya ke publik melalui berbagai media forum oleh Kang Prof DSD selama ini, cukup membuat publik tercerahkan, tersadarkan tentang permasalahan Indonesia dan solusinya, dan insya Allah harapannya bisa membawa dampak positif dan mengakselerasi terhadap kemajuan masyarakat bangsa-negara Indonesia yang bermartabat dan berdaulat.  Semoga Allah SWT selalu memberkahi, Aamiin.
Htl Fours Points by Sheraton, Room 4005, Makassar City, 5 Nov 2023.
Wassalam

====✅✅✅

Penulis:
Dr.Ir.H Apendi Arsyad, M.Si
(Pendiri dan Wasek Wankar ICMI Pusat merangkap Ketua Wanhat ICMI Orwilsus Bogor, Pendiri dan Dosen Universitas Djuanda Bogor, Konsultan K/L, Pegiat dan Pengamat Sosial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles