31.2 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Catatan Kecil Silaknas ICMI 2023 di Makassar

Jurnalinspirasi.co.id – Assalamualaikum wrwb. Selamat pagi…Adik thia, Inna dan mama, apakah sudah bangun belum?. Alhamdulillah ayah baru selesai sholat subuh dan bertadarus, serta membaca buku “Personal Branding Now: Bagaimana Sukses Membangun Personal Branding Branding di Era 5.0, by Heri Susilo.

Ayah sekamar dgn bpk.Prof Lili Romli, orangnya cerdas, ramah dan sederhana (huble) di kamar 4005 Hotel Four Point by Sheraton Makassar. Saya senang sekali berinteraksi langsung dengan beliau, tokoh ICMI, ahli dan ilmuwan politik BRIN tersebut, saya bisa mengupdate informasi kondisi mutakhir sistem perpolitikan nasional yang semakin marak dan memanas serta tak berujung, kusut dan carut marut.

Pagi ini siap mengijuti azara pembukaan Sikaknas ICMI di ballroom hotel. Kemaren sore dulan-dulan di pantai Losari, sambil melihat masjid 99 yang indah karya arsitek RK, dan menikmat kuliner asli etnis Bugis seperti pisang Epeh dan minuman jahe Sarabah, lumayan enak.

Sempat juga naik perahu wisata pantai bersama rombongan teman-teman aktivis ICMI Orwil Banten, teman-teman bpk.Prof Lili Romli, peniliti BRIN, mantan Ketua ICMI Orwil Banten.

Suasana Kota Makassar, sebagai salah satu kota besar, jalan-jalan cukup ramai dan padat, di beberapa badan jalan macet, sebab ada galian proyek pemasangan instalasi apa PLN, Telkom dan atau PDAM, informasinya tak begitu jelas.

Pada hari Kamis 2 November 2023, Kota Makasar memperingati HUT ke-406, yang dimeriahkan hiburan panggung rakyat di beberapa ruas taman di pantai Losari, di depan masjid 99 (Asma husna) yang estetik dan tampak menawan, yang dibangun di lahan reklamasi pantai Losari.

Areal pantai Losari yang melegenda tersebut, saat ini kelihatannya semakin cantik dan menyenangkan para pengunjungnya. Di beberapa sudut taman di kawasan pantai, menarik untuk berswafoto, dengan background arsitektur masjid 99 yang berwarna-warni dan deretan gedung perhotelan mewah dan bangunan lainnya.

Pada sore Kamis itu, suasana jalan raya perkotaan kota Mamiri Makasar menuju wahana wisata pantai Losari dipadati para pengunjung , wisatawan domestik, tampak juga ada beberapa orang wisatawan mancanegara, sedang menikmati fanorama alam pantai Losari, dan saya sempat pula menikmati mata hari tenggelam di upuk bumi (sunset), tetapi sayang menikmati sunset agak terhalang oleh padatnya bangunan baru yang muncul belakangan ini di kawasan pantai Losari.

Sore Kamis, cukup lama juga bermain-main bersama rombongan teman-teman ICMI Orwil Banten, kami berfoto bersama di arena Masjid 99 yang unik dan menarik tersebut. Saya kagum dengan arsitektur masjid 99, karya putra bangsa yang cerdas, bpk Ridwan Kamil (RK), Gubernur Jawa Barat.

Saya pernah juga berkunjung pada Juli 2023 yang lalu bersama rombongan gerakan Koperasi/Dekopinda Kabupaten Bogor ke masjid AlJabbar yang arsitekturnya begitu indah dan menarik, karya bpk RK, yang berdiri di daerah bekas rawa-rawa (wetland) di bagian selatan Kota Bandung. Masjid agung Aljabbar tersebut berdiri anggun di tengah-tengah danau buatan, dengan areal parkir yang cukup luas.

Saya kagum dengan karya putra bangsa RK, yang sukses berkontribusi membangun peradaban  Indonesia yang berbasis religius, yakni bangsa berkarakter berKetuhanan Yang Maha Esa (Tauhid Society) di era millenial menyongsong abad ke 21, yang penuh ketidakpastian (destrupsi era), menuntut peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Apa lagi kondisi kehidupan bangsa dan negara Indonesia yang “tidak baik-baik amat” alias carut-marut praktik hukum menjelang pesta demokrasi Pilpres tahun 2024, yang memprihatinkan dan mengkhawatirkan.

Berjalan-berjalan di sore hari di kawasan pantai Losari Kota Makasar Sulsel, saya terkesan menggembirakan dengan bermunculan karya anggun arsitektur masjid 99, yang kini telah menambah Icon kota Makasar, selain masjid Agung AlMarkaz yang digagas tokoh militer asal Bugis yang legendaris di era Orba almarhum Jenderal M Yusuf. Kehadiran bangunan masjid besar yang berarsitektur indah tersebut, membuat kita optimis menghadapi tantangan peradaban masa depan yang gemilang 100 tahun usia emas Indonesia tahun 2045.

Demikian catatan singkat perjalanan hari pertama berada di Kota Makasar, dalam rangka menghadiri acara Silaknas ICMI tahun 2023, yang rencananya akan dibuka resmi oleh bpk Joko Widodo, Presiden RI. Apa iya, beliau akan hadir, saya meragukannya, sebab sore kemaren di arena Silaknas di Ballroom Hotel Fourpoint by Sheraton Makassar, belum ada aparat keamanan yang mengatur dan mensteril lokasi seperti biasanya standar protokol Kepresidenan RI, saya menduga bpk Jokowi nampaknya  “gagal” hadir di acara pembukaan Silaknas ICMI 2023 kali ini di Kota Makassar, dan kemungkinan akan diwakilkan kpd bpk Menko PMK, begitu rumor yang saya dengar di lobby hotel, tempat saya menginap.

Harapan kita walaupun orang nomor satu Indonesia (RI satu) berhalangan hadir, akan tetapi kualitas forum Silaknas ICMI 2023 merumuskan dan menetapkan keputusan-keputusan tentang program dan rekomendasi yang bermakna dalam mengawal perjalanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara/NKRI sesuai tema Silaknas ICMI. “Penguatan Ekosistem Pembangunan Umat dan Masyarakat Indonesia yang Kuat dan Bermartabat’, yang berlangsung dari tgl 3-5 November 2023 di Kota Makassar.

Semoga AllahSWT memberkahi proses pelaksanaan dan kesuksesan kaum cendekiawan muslim Indonesia di forum Silaknas ICMI 2023, Aamiin.
Wassalam

====✅✅✅

Penulis:
Dr.Ir.H.Apendi Arsyad, M.Si
(Pendiri dan Wasek Wankar ICMI Pusat merangkap Ketua Wanhat ICMI Orwil Khusus Bogor, Pendiri dan Dosen Universitas Djuanda Bogor, Konsultan K/L negara, Pegiat dan Pengamat Sosial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles