29.9 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Meski 2023 tak Dapatkan RTLH, Pemprov Jabar Tambah Kuota RTLH di Cihideung Udik

Menyisakan 163 RTLH di Cihideung Udik

Ciampea l Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Cihideung Udik (Cihud), Ciampea, Kabupaten Bogor tahun 2023  ini tak mendapatkan alokasi bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

Meski  tak mendapatkan program tersebut, namun kuota alokasi pembangunan RTLH bagi warga kurang mampu di Desa Cihideung Udik bertambah 20 unit rumah.

Kepala Desa Cihideung Udik H. Denny menjelaskan, bantuan RTLH itu datang  melalui dana aspirasi DPRD Provinsi Jabar dari Fraksi Partai Golkar.

“Bantuan aspirasi tentunya sangat berarti bagi masyarakat Cihud. Kita berharap tidak hanya dari Fraksi Golkar saja, namun semua anggota dewan juga bisa membantu persoalan RTLH yang ada di desa,” ujarnya, kemarin.

Denny menambah sejak pertama dirinya menjabat kepala desa, sesuai dengan data yang ada di desa, ada sekitar 200 unit rumah warga yang kondisinya rusak dan perlu dibangun. Namun lewat bantuan RTLH  dari Pemkab Bogor dan aspirasi DPRD Jawa Barat persoalan rumah warga yang tidak layak huni bisa teratasi. Saat ini, rumah warga yang belum tersentuh bantuan RTLH menyisakan 163 unit.

“Saya berharap bantuan RTlH tidak hanya dari pemkab Bogor, namun dari Provinsi Jawa Barat dan kuota RTLH ditambah,” ujarnya.

Sementara anggota LPM Desa Cihud, Koswara mengaku jika melihat kondisi rumah warga yang perlu dibangun dengan nilai bantuan senilai Rp20 juta tentunya tidak mencukupi. Sehingga bantuan RTLH tersebut merupakan renovasi bukan pembangunan. Untuk itu perlu adanya swadaya agar bisa tercukupi.

“Kebanyakan rumah warga kondisinya rusak parah. Namun, dengan bantuan yang ada kita maksimalkan agar bisa tercukupi dan rumah warga bisa terbangun,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles