27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Anggaran Biaya Rehab Pasar Desa Dramaga dari Samisade

Dramaga | Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor merenovasi bangunan Pasar Desa Dramaga guna meningkatkan perekonomian masyarakat, setelah pemanfaatan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dinyatakan tidak melanggar dan tidak menyalahi aturan penggunaannya.

Pihak desa mengaku telah berdiskusi panjang dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Inspektorat Kabupaten Bogor, sejak beberapa pekan lalu dan mulai melakukan pekerjaan pembangunan renovasinya pada seluruh bagian atap Pasar Desa Dramaga, berikut perbaikan lantai dan kios-kiosnya yang rusak yang ada di lantai dua.

Kepala Desa Dramaga Yayat Supriatna saat dihubungi Jurnal Bogor mengatakan, pembangunan rehab total seluruh bagian atap pasar yang berada di lantai 2 memang sudah lama masuk agenda utama desa, mengingat jika setiap hujan turun selalu bocor. Bahkan rangka pada atap bangunannya rawan ambruk, sehingga selalu dikeluhkan para pedagang dan warga pengunjung pasar.

“Program rehabilitasi Pasar Desa Dramaga, khusus pada bagian atap serta lantai duanya, sudah lama kami rencanakan, namun pada saat itu kami belum tau harus mencari biaya anggaran rehabilitasinya kemana?”, kata Yayat Supriatna kepada Jurnal Bogor.

Namun setelah desa melakukan konsultasi dengan kantor DPMD dan Inspektorat Kabupaten Bogor sambung Kades, gayung pun bersambut, karena rencana desa akan merenovasi total seluruh bagian atap pasar maupun perbaikan pada seluruh bagian lantai duanya termasuk perbaikan pada kios-kios yang rusak, niatan desa diamini.

“Renovasi pasar desa ini hanya kami fokuskan pada lantai dua saja, karena untuk lantai dasar kondisinya masih bagus. Sementara besaran dana Samisade yang diterima Desa Dramaga tahun 2023 ini senilai satu miliar yang seluruhnya kami prioritaskan bagi kepentingan biaya renovasinya, karena mengingat manfaat Samisade untuk Desa Dramaga di tahun tahun sebelumnya, sudah banyak dialokasikan bagi pembangunan jalan desa dan jalan lingkungan, yang kesemuanya sudah selesai”, bebernya.

Nah, untuk jumlah kios yang ada di lantai 2 tambah kades, ada 56 kios dan 60 los, yang untuk sementara waktu semua pedagangnya telah direlokasi terlebih dahulu sampai menunggu pekerjaan renovasi lantai dua pasarnya tuntas.

“Agar diketahui, pemanfaatan dana Samisade untuk renovasi pasar desa, adalah baru pertamakali dilakukan di Kabupaten Bogor oleh Desa Dramaga saja mengingat Pasar Desa ini merupakan sektor utama sebagai penunjang perekonomian seluruh warga,” ungkapnya.

Masih kata Yayat, apabila nanti di tahun 2024 Desa Dramaga masih memperoleh bantuan dana Samisade, maka pemanfaatannya akan difokuskan untuk pembangunan tembok-tembok penahan tebingan (TPT).

Herman, pedagang ikan asin yang lebih dari 10 tahun menempati kios lantai dua mengaku bersyukur Pemerintah Desa Dramaga tahun ini merealisasikan perbaikan atap pasarnya, termasuk perbaikan lantai maupun perbaikan pada kios-kios yang rusak.

“Untung saja tahun ini kemarau cukup panjang. Karena dulu apabila hujan turun, kios-kios kami selalu kebocoran bahkan sampai kebanjiran, ditambah sering menyebabkan ikan-ikan asin jualan saya basah. Semoga saja perbaikan pasar ini membawa banyak keberkahan bagi saya dan bagi semua pedagang,” pungkasnya.

** Bayup

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles