33.3 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Damkar Edukasi Anggota Penanganan Medical dan Hewan Berbahaya

Leuwiliang | Jurnal Bogor
Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor mengedukasi anggota Damkar Sektor Leuwiliang terkait penanganan medical dan penanganan hewan berbahaya melalui kegiatan road show.

“Kita edukasi ke-10 sektor, hari ini kita edukasi ke sektor Leuwiliang, edukasi perihal penanganan medical dan penanganan ular,” kata Kasi Penyelamatan dan Kedaruratan Damkar Kabupaten Bogor Asan, Rabu (18/10/2023).

Asan menjelaskan edukasi penanganan tersebut sudah berjalan sekitar 4 sektor di Leuwiliang.

“Kita udah ke-4 sektor, Sektor Cileungsi, Gunung Putri, Cariu dan hari ini sektor Leuwiliang,” jelasnya.

Nantinya setiap sektor Damkar di Kabupaten Bogor akan diisi dengan tim rescue dengan beberapa anggota.

“Di sektor ini kita adakan anggota rescue, rencana per sektor 6 orang. 10 sektor di Kabupaten Bogor dan dari per sektor itu ada 6 anggota tim Rescue, cuman kita kirimkan 3 orang dulu,” terangnya.

Selanjutnya dia juga menerangkan, soal edukasi nantinya di lapangan itu dengan beberapa prosedur yang sudah tertuang di peraturan.

“Penanganan kecelakaan, saya berpesan ke teman-teman, penanganannya kita harus ada saksi. Bahwa kita sedang penanganan kecelakaan jadi jangan langsung penanganan sebelum ada saksi,” jelasnya.

“Selanjutnya penanganan hewan. Hewan lebih berbahaya agresif, kita sering ada kejadian di teman-teman kita juga masih sering digigit jadi kita lakukan edukasi,” sambungnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat ketika ada hewan di rumah, maka yang dilakukan utama lebih pada pengawasan hewan tersebut.

“Kita awasi dulu aja sebelum tim Damkar datang, dan juga kepada masyarakat jangan menangani langsung karena berbahaya,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles