28.3 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Libatkan UPT Jalan dan Pendamping Desa, Samisade Tahap Pertama Dicek Tim Monev Kecamatan Dramaga

Dramaga l Jurnal Bogor
Tim monitoring dan evaluasi (monev) Pemerintah Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor melakukan pengecekan ke desa yang melaksanakan program Samisade (Satu Miliar Satu Desa) di dua desa.

Ketua Tim Monev Kecamatan Dramaga, Ine Handayani menjelaskan kedatangan timnya untuk memastikan program tersebut direalisasikan atau tidak oleh pemerintah desa.

Tim Menov terdiri dari pendamping desa, UPT Jalan dan Jembatan dan pihak kecamatan. Mereka mengecek langsung pembangunan fisik yang dikerjakan oleh desa. Termasuk, mengecek laporan pertanggungjawaban kerja (LPJ) pada program pembangunan yang telah dilaksanakan.

“Dari sepuluh desa di Kecamatan Dramaga semuanya mendapatkan bantuan program Samisade dengan beragam peruntukan kegiatan pembangunan. Samisade yang terima masing-masing desa di Kecamatan Dramaga diantaranya betonisasi Jalan, TPT dan pengasapalan jalan,” ujar Ine, Selasa (17/10).

Menurutnya, hasil Monev Kecamatan menjadi dasar pengajuan program Samisade ke tahap dua. Ketika hasil pekerjaan tahap pertama tidak sesuai, tentunya pengajuan Samisade tahap kedua tidak bisa dicairkan oleh desa.

Untuk itu, dia meminta ke pemerintah desa agar mengerjakan program Samisade dengan baik sesuai LPJ. “Di Kecamatan Dramaga yang sudah meralisasikan tahap kedua yakni Desa Purwasari, Babakan serta Desa Sukadamai. Untuk desa lainnya, masih fokus pekerjaan di tahap pertama,” jelasnya.

Sementara Itu, Kepala Desa Ciherang Suherwin mengungkapkan kujungan tim Monev Kecamatan ke desa diakuinya sangat membantu. Sebab, pihak desa bisa mengetahui hasil pekerjaan.  Ketika ada kekurangan bisa langsung diperbaiki, terlebih, hasil monev bisa jadi bahan evaluasi bagi desa.

“Samisade Desa Ciherang tahap  pertama yakni pembangunan TPT sudah mencapai lebih dari 70 persen dan bisa melanjutkan ke program Samisade tahap kedua,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles