24.6 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Hari Batik Nasional, Smanelsa Tingkatkan Literasi Budaya dengan Lomba Esai

Leuwisadeng l Jurnal Bogor
SMAN 1 Leuwisadeng, Kabupaten Bogor pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2023 menggelar lomba esai. Lomba menulis bertemakan batik ini untuk melatih peserta didik dapat bernalar kritis dan meningkatkan budaya literasi dalam kehidupan mereka.

“Lomba esai dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga budaya khas Indonesia,” ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Leuwisadeng Dwi Astuti Indriati kepada Jurnal Bogor, Senin (2/10/2023).

Bahkan untuk memupuk nasionalisme dan rasa memiliki terhadap budaya bangsa, seluruh siswa-siswi Smanelsa (julukan SMAN 1 Leuwisadeng) mengenakan batik dengan beragam corak dan warna. “Dengan upaya ini nantinya bisa terpupuk dalam diri peserta didik SMAN 1 Leuwisadeng,” ucap Dwi.

Sementara dengan mengenakan pakaian batik bersama, sebelum perlombaan terlebih dulu dilakukan apel pagi guna memperingati Hari Batik Nasional tersebut. Hal ini, sebagai bentuk kebanggaan terhadap budaya asli Indonesia yang sudah menjadi warisan dan jadi identitas bangsa.

“Oleh karena itu, batik sebagai warisan budaya turun temurun yang merupakan kekayaan Indonesia tentu harus tetap dilestarikan,” tandasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles