27.3 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Perbaiki Akses Usaha Tani, Desa Sadengkolot Aspal Jalan di Wilayah Ciranji dan Cimanggu

Leuwisadeng | Jurnal Bogor
Pengaspalan jalan dilakukan Pemerintah Desa Sadengkolot di dua wilayah yakni Kampung Ciranji RW 03 dan Kampung Cimanggu RW 04, Desa Sadengkolot, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Jalan tersebut merupakan akses antardesa yang merupakan jalan usaha tani tersebut tentu saja disambut antusias oleh warga sekitar. Sebab, pembangunan ruas jalan usaha tani ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses perekonomian dan pertanian warga sekitar.

Jalan yang sebelumnya rusak parah tersebut, kini dibangun menggunakan anggaran bantuan keuangan infrastruktur desa, Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2023.

“Untuk program Samisade tahap kedua tahun 2023 ini sudah turun, dan difokuskan insfratruktur. 40 persen di Desa Sadengkolot pengaspalan jalan di dua wilayah. Sebab di dua wilayah ini sangat riskan untuk sektor pertanian. Selain itu juga lintas antardesa antara Sadengkolot dan Leuwisadeng,” kata Sekertaris Desa Sadengkolot, Sudiman, Kamis (28/09/2023).

Sudiman menyatakan, bahwa progres Samisade Tahun 2023 difokuskan di dua wilayah yang notabene jalan sangat rusak.

Akses sektor pertanian pun sangat dibutuhkan oleh lingkungan tersebut dan pembangunan tak terlepas dari hasil musyawarah Musdus dan Musrenbangdes.

“Alhamdulillah Desa Sadengkolot secara keseluruhan mendapatkan 1 miliar yang dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama 60 persen dan kedua 40 persen,” paparnya.

Dia menjelaskan, di tahap pertama terbagi 3 item diantaranya TPT, udit dan pengaspalan. Sementara di tahap kedua melanjutkan pengaspalan keseluruhan.

Saat ini, kata dia, program Samisade adalah yang terakhir dengan harapan program tersebut terus dapat berlanjut, meski berbeda nama dengan Samisade. Menurutnya jika mengacu ke pengaturan dan informasi yang dia dapat, bahwa Samisade tahun ini yang terakhir.

“Kalau kita mengikuti aturan bahwa Samisade ini tahun 2023 terakhir. Tetapi ada wacana kedepan itu bantuan keuangan (Bankeu), mudah-mudahan program itu juga sesuai dengan harapan desa,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles