29.6 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Kolaborasi dengan Pemdes dan DLH, PT Antam Dukung Kampung Ramah Lingkungan

Nanggung l Jurnal Bogor
PT Antam Tbk UBPE Pongkor menyatakan mendukung Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang diverifikasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Selasa (26/9/2023). DLH  memverifikasi lapangan KRL Bumi Lestari di Kampung Tegal Lega Permai RW 07, Desa Kalongliud, Nanggung, Kabupaten Bogor.

Menurut CSR Manager PT Antam Tbk, UBPE Pongkor Arif Rahman Saleh, program ramah lingkungan erat berkaitan dengan PT Antam dengan melakukan kemitraan yang telah berjalan beberapa tahun lalu dan telah menjalankan sejumlah program.

“Pegawai PT Antam  sekitar 40 hingga 50 persen  itu, bermukin di lingkungan RW 07. Tahun ini Desa Kalongliud  terdapat beberapa kegiatan  salah satunya  program Kampung Ramah Lingkungan yang dipusatkan di Kampung Tegal Lega Permai RW 07,” ujar CSR Manager PT Antam Arif Rahman Saleh.

Dia menjelaskan alasan RW 07 karena salah satu yang menjadikan kampung ramah lingkungan karena bagian masyarakat yang bermukim di lingkungan tersebut tak sedikit yang berasal dari karyawan PT Antam.

“Banyaknya pegawai PT Antam yang bermukim, jadi kami mempunyai tanggung jawab untuk mengelola lingkungan di RW 07,” jelasnya.

Dengan demikian, PT Antam menyatakan mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan Pemerintah Desa Kalongliud dengan dibentuknya kampung  ramah lingkungan.

“Hal ini kami sependapat terutama sampah-sampah itu harus dikelola. Sebab, kalau tumpukan sampah itu dibiarkan ujung-ujungnya warga yang tinggal disini yang terkena dampak. Semoga  program ini kedepan terus berjalan dengan baik,” harapnya.

Menurutnya, mau tidak mau, ada program atau tidak, sampah ini harus dikelola. Namun sampah akan lebih mudah bila pengelolaannya dimulai dari rumah tangga. Gerakan kampung ramah lingkungan ini juga sejalan dengan program PT Antam.

“Sebenarnya sampah ini tidak menjadi masalah kalau dikelola dengan baik, bahkan bisa menghasilkan nilai ekonomi,” ungkapnya.

“PT Antam tentu saja mendukung dan mensupport untuk berkolaborasi dengan pemerintah desa begitu juga Dinas Lingkungan Hidup dalam mensukseskan RW 07 untuk menjadikan kampung  yang ramah lingkungan,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Kalongliud, Muspika Nanggung, manajemen CSR PT Antam Pongkor, para ketua RW, tokoh agama dan masyarakat.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles