34.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Banjarsari Senang Dapat Hibah Lahan Sitaan KPK

Ciawi|Jurnal Bogor
Keinginan Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarsari, Ciawi, Kabupaten Bogor untuk pindah kantor, akhirnya terealisasi. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mengalokasikan lahan hibah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seluas 4015 meter persegi yang berlokasi di Desa Banjarsari, untuk dibangun kantor desa, Puskesmas, UPT Pajak dan Koramil Ciawi.

Sekretaris Desa Banjarsari,  Dede Rahmat mengaku senang setelah mendengar kabar, pengajuan permohonan untuk mendapatkan hibah lahan dari Pemkab Bogor disetujui.

Menurutnya, surat permohonan dari desa kepada Pemkab Bogor untuk mendapatkan hibah lahan yang disita KPK tersebut, sudah lama dilakukan.

 “Sampai pada saat ada Bupati Bogor melaksanakan kegiatan Bogor Keliling (Boling) di wilayah Ciawi belum lama ini, saya kembali menanyakan permintaan hibah lahan itu. Alhamdulillah dari informasi yang saya dapat, permohonan desa kami direalisasi,” aku Dede kepada Jurnal Bogor saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (20/9).

Sekdes mengungkapkan, keberadaan kantor desa saat ini, tidak masuk kedalam kategori kantor pemerintahan yang layak. Karena, keterbatasan lahan yang menjadi salah satu persoalan Pemdes Banjarsari.

 “Makanya setiap kali ada kegiatan di desa yang selalu menjadi permasalahan itu, yakni lahan parkir. Lantaran lahan parkirnya tidak luas, terpaksa kendaraan warga parkir di bahu jalan yang menyebabkan terjadi kemacetan,” papar Dede.

Selain kantor desa, lanjutnya, lahan  Puskesmas Banjarsari pun masih sangat terbatas, sehingga saat kondisinya banyak warga yang datang untuk berobat, kendaraan mereka terpaksa harus parkir di tepi Jalan Veteran Cibedug.

 “Saya berharap, hibah lahan itu secepatnya diberikan Pemkab Bogor ke Pemdes Banjarsari. Bagaimana pun, kalau desa dan Puskesmas pindah, banyak manfaat yang didapat masyarakat, salah satunya bisa mengurai kemacetan di jalur ini,” imbuh Dede.

Sebelumnya, Bupati Bogor, Iwan Setiawan melaksanakan penandatanganan berita acara serah terima Penetapan Status Penggunaan (PSP) dan hibah barang milik negara yang berasal dari barang rampasan negara dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Pemkab Bogor, di Auditorium Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Jakarta, Selasa (19/9).

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No: S-458/KN.4/2023 tanggal 24 Maret 2023 tentang persetujuan hibah barang milik negara yang berasal dari barang rampasan negara pada Pemerintah Kabupaten Bogor, Pemkab Bogor mendapatkan hibah dari KPK dengan total nilai aset Rp6.051.763.000 berupa tanah di Desa Banjarsari Kecamatan Ciawi dengan luas 4.015 meter persegi dengan nilai Rp5.265.110.000. Kemudian satu unit mobil toyota fortuner dengan nilai aset Rp369.673.000. Serta satu unit mobil hyundai dengan nilai Rp416.980.000.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan, atas nama Pemkab Bogor mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPK yang telah menghibahkan satu bidang tanah seluas 4.015 meter persegi di Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi dan dua unit kendaraan roda empat.

 “Alhamdulillah insya Allah akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Bogor,” ungkap Iwan Setiawan.

 Iwan melanjutkan, rencananya tanah ini akan dimanfaatkan untuk relokasi kantor Desa Banjarsari yang sekarang berada di pinggir jalan dan tidak memiliki lahan parkir sehingga kurang representatif untuk melayani masyarakat. Kemudian relokasi Koramil Ciawi yang saat ini berlokasi di wilayah Kota Bogor. Serta mendirikan kantor UPT Pajak dan Puskesmas.

“Adapun untuk kendaraan akan dimanfaatkan untuk penunjang operasional perangkat daerah yang masih membutuhkan,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, wilayah Kabupaten Bogor yang luas, terdiri dari 40 kecamatan, 416 desa, dan 19 kelurahan, dengan jumlah penduduk tahun 2022 mencapai 5,57 juta jiwa, menjadi tantangan tersendiri untuk memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat.

 “Kam sangat menyambut baik bilamana ada aset-aset sitaan KPK baik tanah, bangunan, dan lainnya yang dapat dihibahkan ke Kabupaten Bogor. Insya Allah pasti akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” tukas orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman yang berasal dari selatan Kabupaten Bogor tersebut.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles